logo-mipacko

Cara Membersihkan Furnitur Kayu Dengan Benar!

membersihkan furnitur kayu

Apakah kamu sedang mencari solusi cepat, efektif, dan aman untuk membersihkan lemari, meja, kursi atau furnitur lainnya yang berbahan dasar kayu?

Cobalah menggunakan kain microfiber untuk menghilangkan debu, kotoran, jamur, bahkan bakteri dari furnitur kayu milikmu!

Serat microfiber yang halus dan kecil akan memastikan tidak ada kerusakan pada furnitur kayu kamu, sekaligus secara efektif menyerap kotoran dan air di permukaan.

Membersihkan Furnitur Kayu Dari Debu

Bersihkan furnitur kayumu dengan kain microfiber adalah hal paling mudah. Serat microfiber yang kecil ini dapat membantu mengikat debu secara instan saat kamu mengelap furnitur. Kamu tidak memerlukan produk pembersih tambahan atau bahkan air untuk membersihkan seluruh debu dari rumahmu.

Saat membersihkan debu, pastikan Kamu menggunakan jenis kain lap microfiber dusting cloth. Serat yang lebih panjang dari lap ini memiliki suatu ruang ekstra yang berguna untuk mengikat debu.

Mungkin Kamu akan bertanya-tanya, mengapa kain microfiber sangat bagus dalam menghilangkan debu? Padahal sebagian besar partikel debu memiliki ukuran yang sangat kecil dengan diameter dari 1 hingga 100 mikrometer.

Jawaban dari pertanyaan tersebut sebetulnya sangat mudah. Hal ini dikarenakan microfiber memiliki serat yang lebih kecil dari 10 mikrometer. Sedangkan serat kain lain yang biasanya digunakan untuk membersihkan biasanya memiliki ukuran berkisar antara 1 dan 5 mikrometer.

Hal ini membuktikan bahwa kain microfiber mampu secara efektif mengambil dan mengikat sebagian besar partikel debu. Microfiber juga bermuatan positif, sehingga partikel debu yang bermuatan negatif dapat menempel.

Membersihkan Furnitur Kayu Dari Kotoran Lengket

Untuk membersihkan kotoran yang lengket, metode yang dapat digunakan adalah dengan membasahi kain microfiber dengan sedikit air sebelum mulai mengelap furnitur kayu kamu.

Air adalah pelarut universal yang dapat membantu melonggarkan dan melarutkan kotoran lengket sebelum kotoran tersebut diikat oleh kain microfiber.

Setelah menggunakan air untuk membersihkan kotoran, pastikan kamu menggunakan kain microfiber kering untuk membersihkan sisa-sisa air pada furnitur kayu kamu. Hal ini dikarenakan air dapat merusak kayu bila tidak dibersihkan dengan benar.

Membersihkan Furnitur Kayu Dari Kotoran Membandel

Kamu pasti pernah menjumpai kotoran yang sangat bandel di furnitur kayu kamu. Kotoran bandel ini sulit sekali dihilangkan meskipun kamu sudah menggunakan air.

Idealnya, untuk menghilangkan kotoran membandel ini kamu harus menggunakan deterjen khusus untuk membersihkan permukaan kayu. Namun ada juga solusi sederhana untuk mengganti deterjen tersebut.

Kamu dapat mencampurkan setengah cangkir cuka putih, setengah cangkir air hangat, dan satu sendok teh deterjen ringan.

Sebelum kamu mengaplikasikan campuran tadi ke seluruh permukaan kayu kamu, cobalah terlebih dahulu pada permukaan kayu yang tersembunyi untuk memastikan apakah campuran tersebut merusak permukaan kayu milikmu atau tidak.

Setelah kotoran membandel berhasil dihilangkan, keringkanlah permukaan kayu dengan menggunakan lap microfiber kering.

Membersihkan Furnitur Kayu Dari Jamur & Lumut

Apakah kamu memiliki masalah dengan jamur dan lumut di furnitur kayu kamu?

Jamur dan lumut akan tumbuh akibat adanya air yang tergenang pada kayu. Hal yang harus kamu pastikan adalah mengeringkan setiap permukaan kayu sekering mungkin.

Untuk menghilangkan jamur dan lumut ini, ada kemungkinan kamu harus menggunakan kain microfiber sekali pakai saja untuk menghindari kontaminasi silang dari jamur dan lumut tersebut.

Bahkan untuk beberapa kasus dimana jamur dan lumut tersebut lebih berat dan kuat, kamu juga harus menggunakan cairan kimia yang kuat juga dalam membersihkannya.

Namun, tentu kamu juga harus berhati-hati terhadap cairan kimia tersebut dan memastikan cairan kimia tersebut tidak merusak furnitur kayu kamu.

Jika jamur dan lumut yang akan kamu bersihkan tergolong ekstrem, maka ada baiknya kamu menghubungi pembersih professional untuk membersihkannya agar furnitur kayu kamu dapat terselamatkan.

Membersihkan Furnitur Kayu Tua & Antik

Membersihkan furnitur kayu tua dan antik harus dilakukan dengan hati-hati, ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan bila kamu ingin membersihkan furnitur kayu tua.

Pertama, gunakan sabun yang paling lembut.

Contohnya mungkin kamu dapat menggunakan sabun cuci tangan, karena sabun cuci tangan lebih lembut dari sabun cuci piring.Lalu kamu juga harus mengencerkan sabun tersebut terlebih dahulu agar menjadi lebih lembut lagi.

Pada saat membersihkan, jangan menggosok kayu terlalu kuat. Lakukanlah secara lembut agar furnitur kayu tidak tergores pada saat dibersihkan.

Kesimpulan

Apa yang terpenting bila kamu mau membersihkan furnitur kayu?

Pilih produk pembersih yang tepat!

Menggunakan pembersih kimia dapat memengaruhi tampilan dan nuansa kayu dari waktu ke waktu, hingga dapat menghilangkan lapisannya.

Cara terbaik untuk membersihkan furnitur kayu yang aman yaitu dengan hanya menggunakan air dan handuk microfiber.

Menggunakan produk yang tepat akan membuat kayu berkilau dalam jangka waktu yang lama!

Butuh lap pembersih yang bagus? pakai lap microfiber mipacko dong !!

Beli disini ya >>> microfiber.mipacko.com <<<

Kamu juga dapat membeli di marketplace tokopedia, ataupun shopee.

Jangan lupa juga follow facebook, instagram dan subscribe youtube kita juga ya…

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »