logo-mipacko

Tips Cara Mencuci Motor yang Benar

cuci motor

Sepeda motor sering kita gunakan untuk berpergian. Namun tahukah kamu kalau sepeda motor itu lebih rentan terhadap kotoran?

Sepeda motor memiliki badan yang ramping sehingga beberapa area pentingnya seringkali terlihat. Berbeda dengan mobil yang bagian-bagian pentingnya terdapat di dalam kap mobil sehingga lebih terjaga.

Komponen-komponen penting motor ini rentan terkena kotoran, karena itu sebagai pemilik sepeda motor kita harus membersihkannya secara rutin. Selain agar motor terlihat selalu bersih, namun juga agar komponen-komponen penting ini tetap terawat sehingga menjadi lebih awet.

Mencuci motor bukanlah hal yang sulit namun membutuhkan ketelitian karena bila tidak dicuci dengan benar maka akan ada bagian-bagian yang tidak bersih. Nah, berikut ini tips-tips dalam mencuci motor yang perlu kamu ketahui.

Peralatan Mencuci Motor

Sebelum kita masuk ke tahap mencuci, kita perlu mengetahui apa saja sih alat-alat yang dibutuhkan dalam mencuci sepeda motor.

Peralatan mencuci motor ini tidaklah banyak, dan mudah untuk ditemukan di bengkel, minimarket, atau di toko online. Beberapa peralatan mencuci motor sebagai berikut :

  • Selang

Dalam mencuci motor, tentu kita membutuhkan selang air untuk membilas bodi motor dengan air secara merata.

  • Ember

Ember berfungsi sebagai wadah untuk penyimpanan air. Walaupun kita bisa saja mencuci dengan air langsung dari selang air dan tidak menggunakan ember, namun hal tersebut dapat menjadi pemborosan air.

  • Lap atau kain microfiber

Tahukah kamu kalau lap microfiber sangat efektif untuk digunakan mencuci motor? Lap microfiber dapat menyerap air dengan sempurna, selain itu juga lap microfiber sangatlah lembut sehingga bodi motor akan terhindar dari goresan.

  • Sabun pencuci motor

Tidak lengkap rasanya bila mencuci motor hanya dengan air saja. Gunakan sabun pencuci motor secukupnya agar motor dapat bersih secara maksimal.

  • Spons

Hal lain yang dapat digunakan ialah spons. Spons bermanfaat untuk menyeka bodi motor agar terlepas dari kotoran-kotoran yang membandel.

  • Sikat rantai

Kamu akan perlu sikat rantai untuk membersihkan rantai motor kamu. Menyikat rantai agar terbebas dari kotoran-kotoran yang dapat mengganggu rantai berputar.

 

Tips Membersihkan Motor dengan Baik

Berikut beberapa tips dalam mencuci motor kamu…

  • Dinginkan dulu motor sebelum dicuci

Sebelum mencuci, dinginkan dulu mesin motor kamu. Mesin motor dalam kondisi panas akan merusak mesin karena terjadi perubahan suhu secara tiba-tiba. Jangan sampai mesin motor kamu rusak hanya karena mencuci motor ya.

  • Bersihkan Rantai Dahulu

Sebelum masuk ke bagian bodi motor, bersihkanlah rantai motor kamu terlebih dahulu. Hal ini dapat mencegah kotoran dari rantai menyebar ke seluruh bagian motor. Bersihkan rantai dengan pembersih khusus rantai motor agar selalu terawat dengan baik.

Dikutip dari halaman The Drive, berikut cara untuk membersihkan rantai motor kamu :

– Angkat sepeda motor, sehingga roda dapat diputar.

– Sambil memutar roda, semprot rantai dengan minyak tanah atau pembersih khusus.

– Gunakan sikat untuk menggosok rantai dan roda hingga kotoran menghilang.

– Bersihkan kotoran dengan lap.

– Ulangi langkah tersebut 2-4 kali hingga Anda merasa yakin dengan tingkat kebersihannya.

– Keringkan rantai.

– Oleskan pelumas berkualitas tinggi.

Dikutip dari halaman The Drive, berikut cara untuk membersihkan rantai motor kamu :

– Angkat sepeda motor, sehingga roda dapat diputar.

– Sambil memutar roda, semprot rantai dengan minyak tanah atau pembersih khusus.

– Gunakan sikat untuk menggosok rantai dan roda hingga kotoran menghilang.

– Bersihkan kotoran dengan lap.

– Ulangi langkah tersebut 2-4 kali hingga Anda merasa yakin dengan tingkat kebersihannya.

– Keringkan rantai.

– Oleskan pelumas berkualitas tinggi.

  • Bersihkan Area-Area Tersulit Dahulu

Kamu perlu membersihkan dahulu area-area yang sulit dijangkau seperti celah-celah sekitar mesin. Kamu dapat menggunakan sikat gigi bekas dan sabun. Perlu diperhatikan agar air tidak masuk ke bagian rem dan bantalannya ya karena itu dapat menyebabkan korosi atau permasalahan lain.

  • Basuh Bodi Motor

Nah sekarang kita mulai masuk ke tahap bodi motor. Langkah awal ialah membasuhnya dengan menyemprotkan air bersih melalui selang. Hal ini dilakukan untuk melunakkan dan melonggarkan kotoran sehingga dapat dibersihkan dengan lebih mudah. Jangan gunakan tekanan air yang terlalu tinggi karena itu dapat merusak lapisan cat bodi motor kamu.

  • Mulai Bersihkan Bodi Motor

Disini kita membutuhkan air dalam ember, spons, dan sabun. Basahi spons dengan air sabun hingga basah lalu usapkan spons tersebut ke seluruh bodi motor kamu secara merata.

  • Bilas Kembali Motor

Tahap ini kamu harus membilas kembali motor kamu dengan menggunakan air bersih dari selang air. Pastikan untuk membilah seluruh bagian bodi motor yang dibersihkan menggunakan sabun tadi agar tidak meninggalkan bekas sabun di bodi motor.

  • Keringkan motor

Setelah selesai mencuci motor, segera keringkan dengan menggunakan lap microfiber. Usap secara perlahan bodi motor untuk menghilangkan air yang tersisa. Lap microfiber sangat baik dalam menyerap air sehingga proses ini tidak akan membutuhkan waktu lama.

Gimana? Mudah bukan? Mencuci motor tidak perlu ke jasa cuci motor loh.. Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Jangan lupa untuk follow Instagram , like Facebook page, dan subscribe Youtube kita ya….. 

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

One thought on “Tips Cara Mencuci Motor yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »