logo-mipacko

11 Tips Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efisien

11 Tips Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Efisien

Semua orang benci bersih-bersih tetapi semua orang menyukai rumah yang bersih. Apakah ada cara terbaik untuk membersihkan rumah kita dengan cepat?

Kebanyakan orang tidak yakin apakah mereka harus membersihkan debu atau menyedot debu terlebih dahulu. Mereka bertanya-tanya apakah mereka harus membersihkan dapur sebelum kamar mandi atau sebaliknya.

Ikuti panduan langkah demi langkah ini, berdasarkan pengalaman bertahun-tahun, untuk memanfaatkan waktu dan membersihkan rumah dengan cepat:

Tips Membersihkan Rumah dengan Cepat

1. Bersihkan Seluruh Rumah, Bukan Satu Ruangan Saja

Pembersihan jauh lebih efisien jika Anda memilih satu tugas (membersihkan debu, menyedot debu, mengepel) dan melakukan tugas yang sama di setiap ruangan di rumah, daripada membersihkan dapur, kamar mandi dan kemudian kamar tidur. Melakukannya dengan cara itu mencegah Anda merasa seperti berada dalam siklus pembersihan tanpa akhir dan memulai tugas yang sama berulang-ulang.

2. Kumpulkan Semua Alat Pembersih Dalam Sebuah Wadah

Entah itu ember atau wadah khusus, Akan lebih baik untuk menyimpan semua yang Anda butuhkan untuk membersihkan di satu tempat portabel sehingga lebih mudah untuk digunakan. Anda tidak akan membuang-buang waktu untuk mencari peralatan saat sedang membersihkan, dan tidak perlu khawatir untuk mengumpulkannya setelah selesai.

3. Bersihkan Yang Berantakan

Sebelum mulai bersih-bersih, pergilah ke setiap ruangan dan bersihkan barang-barang yang berantakan. Saat Anda mengambil setiap barang seperti majalah, buku-buku yang sudah dibaca, sepatu bekas, pertimbangkan apakah Anda harus menyimpannya, membuangnya atau menyumbangkannya.

4. Sedot Semua Debu

Sebelum mulai membersihkan debu, pastikan kipas angin langit-langit telah dimatikan. Konsentrasikan debu Anda pada bagian atas furnitur dan bagian bawah rak, pada pegangan tangan, bingkai foto, pernak-pernik dan layar TV. Untuk area yang sulit dijangkau, seperti tirai dan rak atas, ikatkan kain microfiber ke ujung kain pel atau sapu. Ganti seprai di kamar tidur sebelum Anda menyedot debu.

baca juga : Membersihkan Lantai Kamar Mandi Dengan 5 Langkah Sederhana

5. Bersihkan Cermin dan Kaca

Gunakan satu kain mikrofiber yang basah, diikuti oleh satu kain kering untuk menyeka bersih semua cermin dan permukaan kaca.

6. Disinfeksi Meja dan Area Permukaan

Pergilah ke seluruh ruangan dalam rumah dan bersihkan permukaan yang keras seperti meja, kursi dan lemari, gagang pintu, sakelar lampu, remote TV, telepon, dan lainnya. Anda harus mendisinfeksi beberapa permukaan tersebut, terutama yang mungkin mengantarkan kuman ke jari dan wajah. Buatlah larutan desinfeksi yang tidak beracun dengan mencampurkan seperempat hingga setengah cangkir cuka putih atau cuka sari apel dengan secangkir air.

7. Fokus Pada Bak Mandi, Wastafel dan Toilet

Semprotkan pembersih pada wastafel dapur kemudian pada wastafel kamar mandi, bak mandi dan toilet. Diamkan selama beberapa menit agar pembersih memiliki waktu untuk melarutkan kotoran dan noda. Kemudian kembali ke dapur dan mulailah menggosok. Jangan lupa untuk menyeka bagian dalam microwave. Lalu, bersihkan toilet terakhir.

8. Sapu, Lalu Pel

Sapu lantai dapur dan kamar mandi. Mulailah mengepel dari sudut terjauh ruangan dan bergerak mundur ke arah pintu. Bilas kain pel setiap kali Anda menyelesaikan beberapa area.

9. Terus Berjalan Saat Menyedot Debu

Jangan khawatirkan tentang setiap sudut dan celah yang sedikit terlewat saat menyedot debu. Teruslah bergerak ke seluruh rumah, jalankan vakum di setiap ruangan berkarpet dalam sekali jalan.

10. Jangan Lupa untuk Rutin Mencuci Alat Kebersihan

Bagian yang sering diabaikan dalam membersihkan rumah adalah memelihara alat kebersihan. Menggunakan alat pel yang kotor atau vakum dengan kantong yang penuh akan menjadi kurang efektif, dan akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membersihkannya.

11. Jadikan Kegiatan Bersih-bersih Sebagai Aktivitas Kelompok

Menjadikan kegiatan bersih-bersih sebagai aktivitas tim adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan rumah dengan cepat. Jadwalkan waktu terlebih dahulu dengan keluarga, dan berikan tugas kepada setiap orang. Bekerja bersama dapat menambah kesenangan dalam membersihkan rumah, dan rumah akan bersih dalam waktu singkat.

Saat Anda membersihkan rumah, pastikan untuk memeriksa barang-barang perlengkapan rumah, seperti wastafel rusak yang dapat menyebabkan bocornya air.

baca juga : 7 Manfaat Kesehatan Dari Rumah Yang Bersih

Picture of Mipacko Microfiber
Mipacko adalah spesialis produsen microfiber pertama di Indonesia yang memproduksi produk microfiber berkualitas tinggi untuk berbagai kebutuhan kebersihan sehari-hari. Kami memproduksi produk yang mudah digunakan dan ergonomis yang dapat memberikan hasil sempurna tanpa menggunakan bahan kimia.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

@mipacko

Artikel Terakhir