logo-mipacko

Membersihkan Lantai Kamar Mandi Dengan 5 Langkah Sederhana

membersihkan lantai kamar mandi

Tahukah Anda bahwa lantai kamar mandi menjadi tempat berbagai mikroorganisme, mulai dari virus hingga jamur yang menyebabkan penyakit kaki. Jamur lain di kamar mandi umumnya tidak menyebabkan penyakit tetapi dapat memicu asma dan alergi.

Mengetahui cara membersihkan lantai kamar mandi dengan baik diperlukan untuk menjaga kesehatan keluarga. Akan tetapi, tugas ini tidak menyenangkan bagi banyak orang.

Membersihkan area ini sering ditakuti karena cenderung membutuhkan bahan kimia yang membuat Anda harus sering menahan nafas dan gatal-gatal bila terkena kulit.

Bagaimana jika ada cara agar Anda tidak perlu memakai masker saat membersihkan kamar mandi? Dengan memasukkan lantai kamar mandi ke dalam rutinitas harian Anda, pekerjaan ini menjadi jauh lebih mudah diatur.

Keramik atau ubin porselen adalah jenis lantai yang paling umum di kamar mandi. Ini sangat mudah dibersihkan dan dirawat. Bagian terbaiknya adalah Anda bisa menggunakan produk alami seperti cuka.

Ubin memang memiliki beberapa area masalah di dalam kamar mandi, dan Anda harus memperhatikannya. Sudut yang dalam, garis nat, dan benda logam seperti tempat sampah, dapat menyebabkan masalah.

Daerah ini mungkin terdapat jamur atau buih sabun. Produk kecantikan dan rambut juga bisa menimbulkan noda jika Anda melakukan rutinitas sehari-hari di depan cermin kamar mandi.

Membersihkan Lantai Kamar Mandi

Jadi, bagaimana cara membersihkan lantai kamar mandi dengan benar?

  • Waktu: 45 menit
  • Kesulitan: Mudah

Apa yang Anda Butuhkan?

  • Deterjen
  • Sapu atau vakum
  • Ember
  • Air bersih
  • Larutan pembersih
  • Pel karet
  • Sikat pembersih kecil
  • Handuk

1. Bersihkan Lantai

Sebelum memulai, pastikan lantai bersih dari benda-benda yang berserakan. Singkirkan bangku, tong sampah, ataupun mainan. Cara ini akan memberikan Anda area yang luas untuk bergerak dengan bebas.

Cuci keset kamar mandi. Beberapa jenis keset bisa dicuci dengan mesin cuci. Jika jenis keset Anda tidak termasuk, gosoklah keset menggunakan deterjen dan sikat, lalu bilas sampai bersih dan jemur hingga kering.

2. Singkirkan Debu

Menghilangkan debu dan kotoran akan mempermudah untuk menyikat lantai nantinya. Gunakan sapu atau bahkan penyedot debu. Pastikan lantai benar-benar kering sebelum menyedot debu untuk menghindari kerusakan mesin.

Anda juga dapat membilas lantai secara menyeluruh dengan menggunakan selang kecil. Arahkan air ke sudut-sudut untuk menghilangkan semua debu dan kotoran. Jika terdapat banyak puing-puing di lantai, kumpulkan dan buang ke tempat sampah untuk menghindari saluran air yang tersumbat.

3. Mulai Membersihkan Lantai

Isi ember dengan air hangat dan campur dengan pembersih yang aman untuk jenis lantai Anda. Lysol dan Dawn sangat efektif dalam mengalahkan kotoran dan lemak dari berbagai permukaan kamar mandi. Anda juga bisa menuangkan secangkir cuka putih ke dalam ember jika diinginkan.

Gunakan kain pel untuk membersihkan seluruh lantai. Kuas kecil juga dapat digunakan jika Anda hanya memiliki area kecil untuk ditutup.

4. Bilas

Bilas lantai dengan air bersih dan gunakan penyapu lantai untuk mengarahkan air ke saluran pembuangan. Namun, jika ini bukan pilihan, gunakan hanya pel yang sedikit basah untuk menghemat air. Pertimbangkan spin mop karena ini efektif untuk memeras air berlebih.

5. Keringkan

Setelah selesai, Anda harus mengeringkan lantai untuk menghindari jamur atau lumut tumbuh. Gunakan handuk atau kain bersih untuk mengelap lantai. Perhatikan sudut dan garis nat dengan cermat karena tempat-tempat ini lebih rentan terhadap jamur.

Menghilangkan Noda Lantai Kamar Mandi

Meskipun metode pembersihan di atas sangat bagus untuk pemeliharaan, Anda mungkin akan mendapati beberapa noda yang membandel. Ada beberapa metode pembersihan yang berbeda untuk menghilangkan noda ini.

- Pembersih Asam Alami

Menghindari bahan kimia keras mungkin penting di rumah yang memiliki anak-anak atau hewan peliharaan. Bau dari bahan kimia sering menempel atau menyebar ke seluruh rumah dan mempengaruhi seluruh penghuni rumah.

Untungnya, pembersih alami seperti cuka dan jus lemon sangat efektif dan mudah ditemukan. Cuka sangat baik untuk menghilangkan noda minyak, penghilang bau dan desinfektan pada lantai kamar mandi.

Campur air dan cuka dalam jumlah yang sama dalam botol semprot dan kocok hingga merata. Kemudian semprotkan larutan tersebut ke noda dan gosok menggunakan spons.

Anda juga bisa menggunakan jus lemon murni dalam botol semprot untuk menghilangkan noda dan nat. Manfaat lain yang bagus dari lemon adalah menghilangkan noda karat.

Potong lemon menjadi dua dan lumuri setiap setengahnya dengan garam. Taburkan garam tambahan pada noda karat dan mulailah menggosok salah satu bagian lemon tadi. Terakhir, bilas dan bersihkan area tersebut jika sudah selesai. Anda juga dapat mengganti garam dengan soda kue jika diinginkan.

Peringatan

Jika Anda memiliki jenis lantai alami di kamar mandi, hindari menggunakan pembersih asam. Bahan ini akan menggores permukaan dan dapat merusak segel pelindung.

- Pemutih

Jika Anda melihat jamur atau lumut, Anda dapat menggabungkan air dan pemutih dengan rasio 3:1. Oleskan langsung ke noda, beri waktu satu atau dua menit untuk bekerja lalu gosok menggunakan spons atau sikat. Bilas dengan air bersih dan lap hingga kering.

Ingatlah

Pemutih dapat menghasilkan asap berbahaya, jadi buka jendela dan pintu. Kenakan alat pelindung seperti sarung tangan untuk menghindari kontak kulit.

Anda juga dapat menggunakan amonia untuk menghilangkan noda jamur dan lumut. Campur seperempat cangkir amonia dalam satu ember air. Oleskan ke area yang bermasalah, gosok menggunakan kuas atau spons, bilas hingga bersih, dan lap hingga kering.

Peringatan

Jangan pernah mencampur pemutih dan amonia. Ini akan menyebabkan asap beracun yang dapat menyebabkan mimisan dan bahkan membakar lapisan hidung dan paru-paru.

- Pembersih uap

Ketika Anda perlu melakukan pembersihan ekstra dalam di kamar mandi, cobalah menggunakan pembersih uap. Pembersih ini menggunakan uap suhu tinggi untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan jamur.

Isi tangki air dan biarkan perangkat memanas. Nyalakan mesin dan tekan atau dorong pelatuk saat Anda bergerak melintasi lantai.

Kiat Cepat untuk Membersihkan Nat

Nat yang bersih sangat penting jika ingin lantai kamar mandi berkilau. Kotoran dan bakteri sering menumpuk di area ini, yang sulit dihilangkan jika dibiarkan. Berikut adalah beberapa tip untuk membersihkan garis nat:

- Pemutih

Jika memiliki nat putih atau berwarna terang di kamar mandi, Anda dapat menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda. Celupkan spons atau sikat ke dalam pemutih, lalu gosok garis dan bilas dengan kain lembab. Ingatlah untuk membuka jendela dan pintu agar sirkulasi udaranya baik.

- Soda kue

Membuat pasta soda kue adalah cara yang efektif untuk dengan cepat menghilangkan kotoran yang menempel. Campurkan soda kue dan air dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan ke nat dan biarkan selama satu jam. Gunakan sikat untuk menggosok pasta ke dalam garis dan bersihkan dengan kain.

- Cuka dan Garam

Campurkan satu cangkir cuka dan satu cangkir air panas ke dalam ember. Tambahkan satu cangkir garam dan sekitar dua sendok makan sabun cuci piring. Campurkan larutan dengan baik sebelum merendam spons di dalamnya.

Kemudian oleskan larutan tersebut ke garis nat menggunakan spons. Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan menggunakan spons bersih yang dibasahi air.

Tips Terakhir Membersihkan Lantai Kamar Mandi

Melakukan cara pembersihan yang baik untuk seluruh kamar mandi adalah kunci untuk menjaganya agar tetap bersih. Karena lingkungan sering lembab, kamar mandi rentan terhadap pertumbuhan jamur. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi Anda dan keluarga karena spora dapat dengan cepat menyebar ke area lain.

Berikut adalah beberapa bonus tips tentang cara membersihkan lantai kamar mandi:

  • Bersihkan lantai paling akhir: Biarkan lantai dibersihkan paling akhir jika sedang membersihkan seluruh kamar mandi. Karena mungkin akan ada tumpahan sabun atau kotoran yang jatuh ke lantai saat membersihkan ubin atau mengelap rak.
  • Masuk ke sudut-sudut: Gunakan kuas kecil atau bahkan bola kapas untuk membersihkan sudut secara efektif.
  • Jaga agar lantai tetap kering: Mengakhiri dengan mengelap lantai akan membantu mencegah jamur dan lumut. Ini juga akan membantu mencegah ubin licin yang bisa berbahaya.

Kamar Mandi Bersih Hidup Lebih Sehat

Membersihkan lantai kamar mandi Anda mungkin merupakan tugas yang paling ditakuti dan melelahkan dalam seminggu pertama. Mengetahui cara membersihkan lantai kamar mandi secara efektif dapat membantu mempermudah pekerjaan.

Anda dapat menggunakan multi-surface cleaner untuk menggosok lantai dan menghilangkan noda seperti buih sabun. Pastikan untuk membersihkan garis nat secara menyeluruh sesekali menggunakan metode yang efektif.

Sekarang setelah mengetahui metode-metode membersihkan sebelumnya, kamar mandi pasti terlihat dan terasa bersih.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »