logo-mipacko

6 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Jendela

membersihkan jendela rumah

Membersihkan Jendela – Seiring waktu, debu dan kotoran akan menumpuk di jendela Anda, baik di bagian dalam maupun di luar. Kotoran dan debu tersebut akan menghalangi pandangan Anda dan juga menghalangi sinar matahari yang berharga. Apalagi dampaknya? Goresan pada kaca yang disebabkan oleh metode pembersihan yang tidak tepat.

Untuk menjaga agar pemandangan Anda bebas dari goresan, ikuti saran membersihkan kaca jendela dengan baik menurut ahli ini dari Carolyn Forte, Direktur Lab Pembersihan Institut Rumah Tangga. Dengan produk dan teknik pembersihan jendela yang tepat, jendela Anda akan selalu tampak bersih.

Kesalahan #1: Membersihkan Jendela Di Bawah Terik Matahari.

“Membersihkan jendela di bawah terik matahari akan membuat kain pembersih cepat mengering karena panasnya jendela sebelum Anda menyekanya, hal ini akan meninggalkan goresan yang sulit dihilangkan,” kata Forte. Jika cuaca tidak terlalu panas, mulailah dari sisi rumah yang teduh.

Kesalahan #2: Menyemprotkan Pembersih di atas Kotoran dan Debu.

Sebelum Anda mulai, bersihkan kotoran dari bingkai jendela dengan sikat lembut, atau sedot dengan penyedot debu. Hal ini akan mencegah kotoran berubah menjadi basah dan tercampur dengan cairan pembersih.

Kesalahan #3: Mengurangi Pembersih Jendela.

Jangan menahan semprotan, terutama jika jendela Anda terlihat sangat kotor. “Anda membutuhkan lebih banyak cairan pembersih untuk melarutkan dan menahan kotoran sehingga dapat dibersihkan sepenuhnya – berhemat hanya akan meninggalkan goresan,” kata Forte.

Jika Anda ingin membuat cairan pembersih sendiri, cobalah menyiapkan pembersih cuka buatan sendiri ini:

Pembersih Kaca Buatan Sendiri

  • 2 gelas air bersih
  • 1/2 cangkir cuka putih
  • 1/4 cangkir alkohol konsentrasi 70%
  • Campur bahan dan tuangkan ke dalam botol semprot.
  • Tulis bahan-bahannya di bagian luar botol untuk keamanan.

Jika Anda tinggal di lingkungan dengan air sadah, cobalah menggunakan air suling untuk membuat kaca Anda lebih bersih. Ngomong-ngomong, cuka dalam pembersih buatan sendiri ini juga akan membantu menghilangkan noda membandel itu. Survei Geologi A.S. mengatakan bahwa keasaman cuka yang memungkinkan mineral yang tertinggal dari air sadah terhanyut.

Kesalahan #4: Menggunakan Lap Bekas Untuk Mengeringkan Jendela.

Beberapa orang suka mengeringkan panel dengan koran, tetapi Anda lebih baik menggunakan kain microfiber yang dapat digunakan kembali. “Kain microfiber sangat penyerap, bisa dicuci dan membuat kaca mengkilap dan bebas goresan,” kata Forte.

Coba Mipacko Microfiber Glass Cloth, yang memiliki tekstur bergaris dan didesain khusus untuk menghilangkan noda air, debu dan kotoran dari cermin dan kaca tanpa tergores.

Jangan gunakan handuk kertas yang lemah karena dapat merusak dan meninggalkan serat.

Kesalahan #5: Menyeka Dengan Alat Pembersih Yang Terbuat Dari Karet.

“Pembersih jendela profesional telah memiliki keahlian pada diri mereka, tetapi Anda harus tahu cara menggunakannya dengan benar,” kata Forte.

Pembersih model ini bila digunakan oleh orang awam akan menyebabkan lebih banyak pekerjaan tambahan karena tetesan air yang jatuh ke lantai.Hindari penggunaan pembersih karet, terutama untuk panel kecil, tetapi pembersih karet juga dapat lebih membantu pada jendela yang berukuran besar.

Kesalahan # 6: Membersihkan Semua Jendela Dalam Satu Hari.

Anda hanya perlu membersihkan jendela Anda sekali atau dua kali setahun, kata Forte, tetapi akan lebih mudah jika Anda membagi pekerjaan dan melakukannya kamar demi kamar.

Saat Anda membersihkan, usap satu sisi jendela secara horizontal dan sisi lainnya secara vertikal. Jika ada goresan yang terbentuk, Anda akan dengan mudah mengetahui apakah coretan tersebut berada di luar atau di dalam.

Bagaimana Membersihkan Jendela, Langkah demi Langkah

Sekarang setelah Anda mengetahui kesalahan umum yang harus dihindari, berikutnya adalah panduan langkah demi langkah terbaik untuk membersihkan jendela, baik di dalam maupun di luar, tanpa goresan.

  1. Mulailah dengan menghilangkan debu dari bingkai jendela dan setiap sudut jendela dengan penyedot debu, kemoceng, atau kain. Jika Anda memiliki gorden, ini saat yang tepat untuk melepas dan mencucinya.
  2. Semprotkan jendela Anda dengan banyak pembersih kaca.
  3. Gunakan kain mikrofiber, bersihkan jendela dari atas ke bawah. Jika Anda melihat goresan, bersihkan lagi sampai kaca bening.
  4. Saat jendela mengering, seka bagian luar jendela dan bingkai dengan kain microfiber untuk menghilangkan kotoran dan debu.
  5. Ulangi langkah 3 dan 4 pada kaca jendela luar. Anda mungkin harus menggunakan sedikit lebih banyak cairan pembersih untuk menghilangkan semua kotoran dari luar. Tergantung pada desain jendela Anda, Anda mungkin dapat membersihkan kedua sisi dari dalam rumah, atau jika Anda memiliki jendela yang dapat dilepas, lepaskan sepenuhnya untuk dibersihkan.
  6. Pasang kembali jendela bila tadi Anda melepasnya, gantung juga gorden yang telah bersih, dan lihatlah betapa bersihnya jendela Anda.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »