logo-mipacko

Cara Mencuci Topi Agar Tidak Berubah Bentuk

Cara Mencuci Topi

Memahami cara mencuci topi dengan cara yang benar akan membuat topi kesayangan Anda tetap terlihat tajam. Baik topi yang terkena noda keringat atau mulai terlihat sedikit kusam, ikuti langkah-langkah sederhana ini dan gunakan deterjen terbaik untuk membuatnya bersih kembali-tanpa membuatnya melengkung dalam prosesnya.

Tapi hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu: Apa pun yang Anda cuci, selalu baca labelnya terlebih dahulu dan periksa simbol-simbol pencucian, karena Anda tidak boleh langsung memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci dengan suhu mesin cuci yang lama. Namun, terlepas dari apa yang telah Anda ketahui tentang cara mencuci pakaian, mencari tahu cara mencuci topi adalah hal yang sama sekali berbeda – dan sama sekali tidak melibatkan mesin cuci atau pengering! Faktanya, cara terbaik untuk mencuci topi adalah menggunakan tangan di dalam bak berisi air dingin dan berbusa.

Namun, sebelum Anda melakukannya, jentikkan pinggirannya untuk mengetahui dari bahan apa topi ini dibuat. Jika ada suara berongga, jangan dicelupkan ke dalam air. Topi vintage (biasanya yang dibuat sebelum tahun 1983) memiliki pinggiran dari karton dibandingkan pinggiran plastik saat ini, jadi topi ini hanya boleh dibersihkan di tempat. Setelah Anda memastikan apakah topi Anda aman untuk dicuci, berikut ini cara membersihkannya agar Anda dapat kembali mengenakan aksesori favorit Anda dalam waktu singkat.

Cara Mencuci Topi Dengan Cepat

Ketika topi favorit Anda perlu dibersihkan dengan cepat, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencuci topi dengan tangan. Anda akan selesai hanya dalam waktu sekitar 10 menit!

  1. Isi wastafel atau baskom besar dengan air dingin. Campurkan beberapa tetes deterjen atau sabun cuci piring, dan aduk hingga berbusa.
  2. Rendam topi Anda sepenuhnya ke dalam air sabun dan aduk-aduk sedikit, berhati-hatilah agar tidak meremas pinggirannya.
  3. Diamkan selama 10 menit, aduk-aduk dalam air sabun sesering mungkin.
  4. Untuk topi yang sangat kotor, Anda mungkin perlu merendam dan menguceknya dua kali lipat untuk menghilangkan semua kotoran dan keringat yang menumpuk.
  5. Terakhir, bilas topi dengan air dingin yang mengalir selama satu atau dua menit sampai tidak ada busa yang tersisa. Peras sisa air dari topi dengan lembut, hindari pinggiran topi, yang akan kehilangan bentuknya jika tertekuk. Sebagai gantinya, tepuk-tepuk pinggiran topi dengan handuk kering untuk menghilangkan kelebihan air sebelum meletakkan topi di atas handuk untuk dikeringkan.
  6. Bantu topi Anda mempertahankan bentuknya saat dikeringkan dengan mengisinya dengan koran, mangkuk terbalik, atau handuk yang diikat.

Cara Mencuci Topi Secara Mendalam

Jangan memasukkan topi Anda ke dalam mesin cuci, meskipun Anda berurusan dengan noda keringat yang membandel, kotoran, atau noda kotor yang mencolok. Sebagai gantinya, inilah yang perlu Anda lakukan:

  1. Isi wastafel atau baskom besar dengan air dingin. Campurkan satu sendok pemutih beroksigen yang aman untuk warna (seperti OxiClean), dan aduk campuran tersebut hingga berbusa.
  2. Rendam topi Anda sepenuhnya ke dalam air sabun dan kibaskan sedikit, berhati-hatilah agar tidak meremas pinggirannya.
  3. Diamkan selama 1 jam, aduk-aduk di dalam air sabun setiap 15 menit.
  4. Bilas topi dengan air dingin yang mengalir sampai tidak ada busa yang tersisa. Peras sisa air dengan lembut dari topi, berhati-hatilah agar pinggirannya tidak tertekan, dan keringkan dengan handuk.
  5. Isi topi dengan koran, mangkuk terbalik, atau handuk yang diikat untuk membantunya mempertahankan bentuknya sebelum digantung atau diletakkan di atas handuk untuk dikeringkan.

Baca juga : 7 Manfaat Kesehatan Dari Rumah Yang Bersih

Picture of Mipacko Microfiber
Mipacko adalah spesialis produsen microfiber pertama di Indonesia yang memproduksi produk microfiber berkualitas tinggi untuk berbagai kebutuhan kebersihan sehari-hari. Kami memproduksi produk yang mudah digunakan dan ergonomis yang dapat memberikan hasil sempurna tanpa menggunakan bahan kimia.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

@mipacko

Artikel Terakhir