logo-mipacko

Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop

Membersihkan Layar Laptop Layar laptop juga dapat kotor, itulah kenyataannya. Baik itu layar sentuh 2-in-1 atau layar tradisional laptop clamshell, selalu ada kumpulan titik-titik misterius dan sidik jari yang mengotori pandangan kamu. Hal ini menjadi gangguan yang menyebalkan.

Namun, kamu sebaiknya tidak membersihkan semuanya begitu saja. Beberapa jenis kotoran membutuhkan kain microfiber, sementara jenis lainnya membutuhkan pembersihan yang lebih keras.

Membersihkan Debu Dengan Kain Microfiber

Orang yang memakai kacamata atau memiliki kamera pasti tahu tentang alat kecil ini. Bagaimanapun juga, ini merupakan metode terbaik untuk membersihkan lensa kamera atau kacamata.

Didesain untuk menghilangkan debu dan kotoran tanpa menghasilkan serat atau menggores permukaan yang halus, kain mikrofiber adalah pilihan terbaik untuk membersihkan layar laptop.

Peringatan: Sama sekali jangan gunakan tisu atau lap kertas. Tisu mungkin terlihat lembut saat digunakan pada kulit, namun tisu sangat kasar pada layar yang mudah tergores.

Langkah 1: Matikan laptop kamu. Tidak hanya lebih aman, tetapi memiliki layar yang mati dapat membantu kamu melihat debu.

Langkah 2: Tekan layar dengan lembut, gunakan kain mikrofiber untuk menyeka ke satu arah. Jangan menggosok atau menyeka secara memutar, karena hal ini dapat merusak layar atau hanya memindahkan partikel debu.

Langkah 3: Lanjutkan menyeka layar hingga bebas dari debu.

Lap Microfiber

Microfiber Cleaning Cloth

Ukuran : 30×40 cm

Gramasi : 330gsm

Warna : Dark Blue, Hitam, Putih, Merah, Kuning, Abu-abu

Beli Disini

Membersihkan Kotoran dan Debu Dengan Spons Lambap

Kadang-kadang, tampilan layar kamu akan dipenuhi dengan debu. Kamu dapat menggunakan spons lembap sebagai alternatif pengganti kain microfiber.

Apa yang dibutuhkan:

  • Spons rumah tangga yang masih baru.
  • Air suling, air deionisasi, atau air yang telah disaring.
  • Peringatan: Hindari sepenuhnya air keran standar. Mineral yang tidak terlihat dapat menggores layar.

Langkah 1: Matikan laptop kamu dan cabut dari sumber daya. Jika memungkinkan, lepaskan baterai.

Catatan: Jika kamu khawatir akan kemungkinan tetesan air yang jatuh ke keyboard, letakkan sesuatu yang ringan di atas keyboard yang tidak akan menyerap cairan.

Langkah 2: Basahi spons dengan air dan peras untuk menghilangkan tetesan.

Langkah 3: Gunakan spons untuk menyeka area layar yang terkena. Perhatikan apakah ada tetesan dan segera membersihkannya.

Langkah 4: Setelah area tersebut bersih, tunggu sampai layar benar-benar kering sebelum menutup atau menggunakan laptop.

Baca juga : Cara Membersihkan Lensa Kamera dan Mencegah dari Jamur

Larutan Pembersih Untuk Membersihkan Layar Laptop Dari Minyak dan Kotoran Lengket

Jika metode kain dan spons gagal membersihkan layar laptop, saatnya menggunakan semprotan pembersih layar yang aman.

Namun, kamu tidak bisa menggunakan sembarang bahan. Bahan kimia tertentu dapat menggores permukaan meskipun menggunakan kain microfiber.

Hindari pembersih yang memiliki zat-zat berikut:

  • Aseton
  • Amonia
  • Ethyl acid
  • Ethyl alcohol
  • Methyl alcohol
  • Methyl chloride
  • Pembersih permukaan
  • Toluena
  • Pembersih jendela
  • Zat korosif lainnya

Kamu masih bisa membeli pembersih buatan pihak ketiga, tetapi sama sekali tidak boleh mengandung bahan kimia yang tercantum di atas. Sebagai alternatif, kamu bisa membuat pembersih dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini:

  • 50% air suling dan 50% cuka putih
  • 50% air suling dan 50% isopropil alkohol
  • 100% air suling dan setetes deterjen pencuci piring

Langkah 1: Matikan laptop dan cabut laptop dari pengisi dayanya. Jika bisa, lepaskan juga baterainya untuk mencegah masalah kelistrikan.

Catatan: Jika kamu khawatir akan kemungkinan tetesan cairan yang jatuh ke keyboard, letakkan sesuatu yang ringan di atas tombol. Bahan yang tidak menyerap cairan adalah pilihan terbaik.

Langkah 2: Tuangkan atau semprotkan cairan pembersih ke kain microfiber. Pastikan kain tidak basah, cukup lembap. Jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar. Meskipun cepat menguap, mengoleskan cairan ke layar adalah hal yang dapat merusak layar.

Langkah 3: Gosokkan kain dengan lembut pada area yang terdampak. Gosok dalam lingkaran kecil untuk menghindari goresan. Jangan menekan terlalu keras; jika tidak, hal ini dapat menggeser molekul kristal cair dan merusak layar secara permanen.

Langkah 4: Ulangi proses ini sampai layar benar-benar bebas dari kelembapan. Periksa juga keyboard dan perangkat keras apa pun yang terpasang, seperti mouse atau apa pun yang terhubung ke port USB, untuk memastikan tidak ada cairan yang menggenang di atasnya.

Langkah 5: Sebagai tindakan pencegahan tambahan, biarkan layar mengering selama setengah jam. Setelah kering, kamu bisa menutup dan menyalakannya.

Kamu menggunakan laptop kita setiap hari. Jika kamu makan dan minum saat bekerja, kemungkinan besar kamu akan meninggalkan sisa-sisa makanan di layar, keyboard, dan di celah-celah lainnya. Kita harus menjaga kebersihan komputer kita. Mengikuti semua langkah yang diuraikan dalam panduan ini akan membantu membuat laptop kamu terlihat tidak terlalu kotor.

Baca juga : Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Picture of Mipacko Microfiber
Mipacko adalah spesialis produsen microfiber pertama di Indonesia yang memproduksi produk microfiber berkualitas tinggi untuk berbagai kebutuhan kebersihan sehari-hari. Kami memproduksi produk yang mudah digunakan dan ergonomis yang dapat memberikan hasil sempurna tanpa menggunakan bahan kimia.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

@mipacko

Artikel Terakhir