logo-mipacko

Tips Membersihkan dan Melindungi Meja Kayu

meja kayu

Angkat tangan Kamu kalau meja dapur atau meja ruang makan kamu terbuat dari kayu? Pasti rata-rata menggunakan meja kayu kan? Memangnya kenapa dengan meja kayu?

Kayu mungkin adalah bahan yang paling umum untuk meja tapi yang paling sulit untuk dirawat loh. Bila kamu membiarkan debu menumpuk, debu tersebut akan menggores lapisan kayunya. Atau coba tinggalkan segelas air es dingin di atasnya, maka kamu akan mendapat motif berbentuk cincin yang sulit untuk dihilangkan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan bila meja kamu terbuat dari kayu. Nah, bagaimana sih cara membersihkan dan merawat agar meja kayu kamu selalu sempurna? Yuk simak tipsnya..

Cara Membersihkan & Melindungi Meja Makan Kayu Kamu

Apa yang Kamu Butuhkan?

Cara Pengerjaan:

  • Bersihkan Terlebih Dahulu

Gunakan kain microfiber kering untuk menghilangkan debu, dan kotoran yang mungkin menumpuk pada permukaan kayu.

  • Gunakan larutan pembersih

Jika ada noda lengket yang tertinggal, tambahkan satu atau dua tetes sabun cuci piring ke semangkuk air hangat. Celupkan kain mikrofiber ke dalam air sabun tersebut lalu gosok perlahan area yang yang akan dibersihkan.

Anda perlu mengetes pada area yang tidak terlihat terlebih dahulu untuk memastikan bila sabun yang digunakan tidak merusak lapisan kayu.

  • Keringkan

Gunakan kain microfiber bersih dan kering untuk mengeringkan permukaan meja.

Catatan:

Jika noda lengket masih membandel dan tidak bisa dihilangkan dengan sabun, Kamu bisa mencoba menggunakan alkohol. Cobalah dahulu pada bagian yang tidak terlihat, untuk memastikan bila alkohol tidak merusak meja kayu kamu.

Jika meja kamu ternyata sangat sulit untuk dibersihkan sendiri, Kamu harus minta bantuan pada ahlinya. Jangan sampai meja kayu kamu rusak hanya karena kamu tidak mau meminta bantuan dari ahli.

Tips Lainnya Untuk Membersihkan & Melindungi Meja Kayu

1. Bersihkan meja kayu Anda sesering mungkin.

Sedikit debu adalah hal yang wajar dan tidak akan berbahaya, namun bila debunya sudah menumpuk maka debu tersebut dapat menggores lapisan kayu loh.

Bersihkan meja kayu setidaknya satu minggu sekali dengan kain yang lembut dan tidak berbulu. Gunakan kain dan sedikit air untuk menghilangkan debu, atau gunakan kain microfiber saja karena kain microfiber dapat menangkap debu dengan baik.

2. Gunakan cuka dan minyak untuk menghilangkan cincin air dari meja kayu Kamu.

Jika meja kayu kamu memiliki cincin air dari gelas yang basah, coba campurkan cuka dan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama dan lalu gunakan kain lembut kemudian gosok pada daerah cincin air tersebut. Gosok dengan cara maju mundur dan bergerak sesuai dengan serat kayu meja kamu.

3. Jauhkan dari kompor.

Jangan simpan meja kayu kamu di sebelah kompor atau mesin pemanas lainnya ya. Perubahan suhu dapat merusak kayu dan menyebabkan kayu melengkung ataupun terbelah. Gunakan pembatas agar meja kamu terhindar dari pemanas tersebut ya..

4. Perhatikan tingkat kelembapan.

Hampir semua alat rumah tangga yang terbuat dari kayu sangat rentan terhadap kelembapan ruangan. Jagalah tingkat kelembapan rumah kamu antara 40-45%.

Kelembapan yang terlalu rendah akan membuat kayu mudah retak, kelembapan yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kayu jadi memuai.

Coba gunakan alat bantu untuk melihat tingkat kelembapan di rumah kamu agar perabotan kayu kamu tetap awet.

Jangan lupa untuk follow Instagram , like Facebook page, dan subscribe Youtube kita ya….. 

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

One thought on “Tips Membersihkan dan Melindungi Meja Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »