logo-mipacko

6 Olahraga Mata Untuk Meningkatkan Penglihatan

Olahraga Mata

Olahraga Mata – Kita tahu bahwa berolahraga otot kita baik untuk kesehatan kita. Bagaimana dengan latihan mata untuk memperbaiki penglihatan? Meskipun tidak ada latihan mata yang efektif untuk astigmatisme, miopia, atau hiperopia, atau dikenal sebagai kesalahan bias, latihan mata dapat membantu mengoptimalkan keterampilan visual.

Terapi penglihatan, sejenis terapi fisik untuk mata, telah terbukti memperbaiki kondisi tertentu yang melibatkan keselarasan mata dan fokus. Selama terapi penglihatan, pasien diberi resep satu set latihan mata untuk mata malas, di antara kondisi lainnya.

Meskipun bila berada di bawah perawatan dokter mata dapat memberikan panduan lebih lanjut tentang cara menggunakan latihan mata, ada beberapa latihan otot mata yang dapat dilakukan di rumah. Meskipun kami mengharapkan latihan mata ini untuk meningkatkan penglihatan dengan cepat, dengan ketekunan, latihan ini secara bertahap dapat membantu masalah fokus dan kelelahan mata.

Manfaat Olahraga Mata

Olahraga mata, secara tradisional dalam bentuk terapi penglihatan, dapat membantu memastikan kedua mata bekerja sama secara efektif. Ada gejala umum yang mungkin menunjukkan bahwa latihan penguatan mata mungkin berguna. Ini termasuk melewatkan baris atau kata-kata saat membaca, menutup mata, kelelahan mata, dan sakit kepala.

Terapi penglihatan dapat mengatasi masalah dengan pergantian mata (strabismus) dan mata malas (ambliopia), pelacakan mata (disfungsi saccadic), dan kerja sama mata (insufisiensi konvergensi). Latihan mata malas telah terbukti sangat membantu dalam memperbaiki kondisi ini, terutama jika diketahui lebih awal.

Cara Memperbaiki Penglihatan – Olahraga Mata Terbaik

- Palming

Palming adalah latihan mata yoga yang dapat mengendurkan otot-otot di sekitar mata dan mengurangi kelelahan mata.

Untuk melakukannya, mulailah dengan menggosokkan kedua tangan untuk menghangatkannya. Tutup mata dan letakkan telapak tangan masing-masing di atas tulang pipi yang sesuai. Letakkan tangan Anda di atas setiap mata dan tarik napas dalam-dalam selama lima menit.

- Berkedip

Saat kita menghabiskan waktu di perangkat digital, kecepatan kedipan kita melambat. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi kering, membuatnya terasa berpasir, berpasir, dan lelah.

Meluangkan waktu untuk berkedip secara sadar dapat mengembalikan lapisan air mata. Berkedip memompa kelenjar minyak di kelopak mata, merangsang sekresi pelumas mereka. Ini juga membantu untuk menyebarkan air mata di atas mata.

Latihan berkedip mungkin melibatkan menutup mata, berhenti selama dua detik, lalu membukanya lagi. Saat mata tertutup, kelopak mata dapat secara sadar diperas untuk stimulasi ekstra pada kelenjar minyak.

- Pensil Push-Up

Pensil push-up biasanya digunakan untuk melatih mata agar bergerak ke arah satu sama lain atau menyatu saat melihat objek yang dekat.

Untuk melakukan push-up pensil, pegang pensil sepanjang lengan sambil menggunakan penglihatan dekat terbaik Anda. Fokus pada ujung penghapus. Jika ada huruf di penghapus, fokuskan agar terbaca. Sekarang perlahan-lahan gerakkan pensil ke arah hidung, jaga agar penghapus atau huruf tetap tunggal dan fokus. Setelah menjadi berbayang, tarik lagi dari mata. Ulangi beberapa kali.

- Fokus Dekat Dan Jauh

Bergantian antara fokus dekat dan jauh membantu melatih sistem pemfokusan Anda untuk terlibat dan bersantai dengan tepat.

Tempatkan ibu jari sekitar 30 cm dari wajah dan fokus pada ibu jari tersebut selama 15 detik. Atau, Anda dapat memegang objek dekat dengan huruf di atasnya untuk lebih melibatkan sistem fokus. Setelah lima belas detik, alihkan pandangan Anda ke target yang berjarak sekitar 6 meter, dan sekali lagi, tahan fokus Anda selama 15 detik. Kembali ke ibu jari Anda. Ulangi beberapa kali

- Gambar Delapan

Melacak objek dengan mata bisa jadi menantang bagi sebagian orang. Untuk mengatasinya, seseorang dapat berlatih melakukan angka delapan.

Pilih titik di lantai sekitar 3 meter. Dengan mata Anda, buatlah angka imajiner delapan di lantai tersebut. Lanjutkan selama 30 detik, lalu ganti arah..

- Aturan 20-20-20

Saat kita menggunakan mata untuk pekerjaan jarak dekat, sistem fokus kita bisa menjadi lelah. Mata kita juga bisa menjadi kering. Menjadwalkan istirahat secara teratur dapat membantu meringankan beberapa ketegangan ini.

Aturan 20-20-20 mudah diingat. Untuk setiap 20 menit pekerjaan jarak dekat, lihat target sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Nah, sekarang Anda dapat kembali melanjutkan aktivitas.

Tips Lain Untuk Meningkatkan Penglihatan

Jika Anda sedang mencari panduan tentang olahraga untuk mata, bicarakan dengan dokter mata. Bahkan latihan mata malas untuk orang dewasa telah menunjukkan kesuksesan dengan terapi yang tepat. Dokter dapat memberikan latihan mata yang disesuaikan dengan kondisi mata Anda atau bisa merujuk Anda kepada seseorang yang dapat melakukannya.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »