logo-mipacko

7 Manfaat Olahraga Secara Teratur

Manfaat Olahraga Secara Teratur

Manfaat Olahraga – Ingin merasa lebih baik, memiliki lebih banyak energi, dan bahkan menambah tahun hidup? Jawabannya adalah olahraga.

Manfaat kesehatan dari olahraga teratur dan aktivitas fisik sulit diabaikan. Setiap orang mendapat manfaat dari olahraga, tanpa memandang usia, jenis kelamin atau kemampuan fisik.

Manfaat Olahraga Secara Teratur

Berikut tujuh manfaat dari olahraga yang dapat membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat.

1. Mengontrol Berat Badan

Olahraga dapat membantu mencegah penambahan berat badan yang berlebihan atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Saat Anda melakukan aktivitas fisik, Anda membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang terbakar.

Rutin pergi ke gym memang bagus, tetapi jangan khawatir jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga setiap hari. Setiap jumlah aktivitas lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga, cobalah lebih aktif sepanjang hari seperti naik turun menggunakan tangga ketimbang menggunakan lift atau lakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu lantai, mengepel, dan lainnya. Konsistensi adalah kuncinya.

2. Olahraga Menjaga Kondisi Kesehatan dan Mencegah Penyakit

Khawatir dengan penyakit jantung? Berharap untuk mencegah tekanan darah tinggi? Tidak peduli berapa berat badan Anda saat ini, aktif meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), kolesterol “baik”, dan menurunkan trigliserida yang tidak sehat. Dengan olahraga Anda akan membuat darah Anda mengalir dengan lancar, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Olahraga teratur membantu mencegah atau mengelola banyak masalah dan masalah kesehatan, termasuk:

  • Stroke
  • Sindrom metabolik
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes tipe 2
  • Depresi
  • Kecemasan
  • Banyak jenis kanker
  • Radang sendi

Hal ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan membantu menurunkan risiko kematian dari semua penyebab.

3. Olahraga Meningkatkan Suasana Hati

Butuh dorongan emosional? Atau perlu menghilangkan stres setelah hari yang penuh tekanan? Sesi olahraga atau jalan cepat bisa membantu. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan mengurangi kecemasan.

Anda juga mungkin merasa lebih baik tentang penampilan tubuh Anda ketika Anda berolahraga secara teratur, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dan meningkatkan harga diri Anda.

4. Berolahraga Meningkatkan Energi

Lelah hanya dengan berbelanja bahan makanan atau pekerjaan rumah tangga? Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda dan membantu sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih efisien. Dan ketika kesehatan jantung dan paru-paru Anda membaik, Anda memiliki lebih banyak energi untuk mengerjakan tugas sehari-hari.

Berolahraga belum cukup bila tidak menggunakan handuk olahraga microfiber mipacko..

Gunakanlah handuk olahraga microfiber untuk menyeka keringat pada saat dan setelah berolahraga.

5. Olahraga Meningkatkan Kualitas Tidur

Sulit tidur? Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, mendapatkan tidur yang lebih baik, dan memperdalam tidur Anda. Hanya saja, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, atau Anda mungkin terlalu berenergi untuk tidur.

6. Olahraga Meningkatkan Kualitas Hubungan Intim

Apakah Anda merasa terlalu lelah atau terlalu tidak fit untuk menikmati hubungan intim dengan pasangan? Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan kepercayaan diri tentang penampilan fisik Anda, yang dapat meningkatkan kualitas hubungan seks Anda.

Tapi ada yang lebih dari itu. Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan gairah bagi wanita. Dan pria yang berolahraga secara teratur cenderung tidak memiliki masalah dengan disfungsi ereksi daripada pria yang tidak berolahraga.

7. Berolahraga Bisa Menyenangkan dan Meningkatkan Hubungan Sosial

Olahraga dan aktivitas fisik bisa menyenangkan. Sembari berolahraga, kamu bisa bersantai dan menikmati alam bebas. Aktivitas fisik juga dapat membantu Anda terhubung dengan keluarga atau teman di lingkungan sosial.

Cobalah ikuti kelas olahraga seperti tim basket, sepeda atau kelas olahraga lainnya. Temukan aktivitas fisik yang Anda sukai, dan lakukan saja. Bosan? Cobalah sesuatu yang baru, atau lakukan sesuatu dengan teman atau keluarga.

Olahraga dan aktivitas fisik adalah cara yang bagus untuk merasa lebih baik, meningkatkan kesehatan Anda, dan bersenang-senang. Untuk kebanyakan orang dewasa yang sehat, cobalah mengikuti panduan latihan ini:

  • Aktivitas Aerobik. Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas aerobik berat seminggu, atau kombinasi aktivitas sedang dan berat. Panduannya menyarankan agar Anda melakukan latihan ini selama seminggu. Untuk memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar dan membantu penurunan berat badan atau mempertahankan penurunan berat badan, disarankan setidaknya 300 menit seminggu. Tetapi bahkan aktivitas fisik dalam jumlah kecil pun sangat membantu. Menjadi aktif untuk waktu yang singkat sepanjang hari dapat memberikan manfaat kesehatan.
  • Latihan kekuatan. Lakukan latihan kekuatan untuk semua kelompok otot utama setidaknya dua kali seminggu. Cobalah untuk melakukan satu set setiap latihan menggunakan tingkat beban atau resistensi yang cukup berat untuk melelahkan otot Anda setelah sekitar 12 hingga 15 pengulangan.

 

Latihan aerobik sedang meliputi aktivitas seperti jalan cepat, bersepeda, berenang, dan memotong rumput. Latihan aerobik yang berat mencakup aktivitas seperti lari, pekerjaan lapangan yang berat, dan tarian aerobik. Latihan kekuatan dapat mencakup penggunaan mesin beban, latihan dengan beban tubuh Anda sendiri, tas berat, tabung resistensi atau dayung resistensi di dalam air, atau aktivitas seperti panjat tebing.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, memenuhi tujuan kebugaran tertentu, atau mendapatkan lebih banyak manfaat, Anda mungkin perlu lebih meningkatkan aktivitas aerobik moderat Anda.

Ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga baru, terutama jika memiliki kekhawatiran tentang kebugaran seperti sudah lama tidak berolahraga atau memiliki masalah kesehatan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes atau radang sendi.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »