logo-mipacko

Merawat Rambut Dengan 13 Bahan Rumahan

merawat rambut

Merawat Rambut – Rambut rontok adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh semua orang. Mungkin ada banyak penyebab kerontokan rambut yang meliputi kekurangan makanan, obat-obatan, stres, polusi, dan genetika.

Berikut ini daftar 13 cara merawat rambut buatan sendiri :

1. Mencuci rambut secara teratur adalah bagian dari pencegahan kerontokan rambut dengan menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Cara ini dapat menurunkan risiko infeksi folikel dan ketombe. Selain itu, rambut yang bersih memberikan kesan lebih bervolume.

2. Memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak esensial seperti minyak peppermint dapat membuat folikel rambut tetap aktif. Minyak atsiri mungkin termasuk minyak lavender, almond, atau wijen.

3. Aplikasi minyak kelapa ke rambut dan mencucinya setelah 3 jam merangsang folikel rambut yang tidak aktif dan memperkuat batang rambut.

4. Diet kaya telur, kacang-kacangan, ikan, dan vitamin menghasilkan rambut yang sehat.

5. Hidrasi: Batang rambut terdiri dari seperempat air, jadi minum setidaknya empat hingga delapan cangkir air dalam sehari dan tetap terhidrasi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Penelitian telah menunjukkan bahwa memijat ekstrak teh hijau ke rambut dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

Seduh dua kantong teh hijau dalam satu cangkir air, biarkan hingga dingin, lalu oleskan pada rambut. Bilas rambut secara menyeluruh setelah satu jam. Hal ini dapat dilakukan secara teratur selama seminggu sampai 10 hari.

7. Biotin: Biotin, juga dikenal sebagai Vitamin H, adalah salah satu vitamin B kompleks yang membantu tubuh kita mengubah makanan menjadi energi.

Studi menunjukkan bahwa memasukkan makanan kaya biotin dalam diet Anda atau mengonsumsi suplemen biotin dapat memperlambat kerontokan rambut. Jika Anda menghadapi masalah rambut rontok, maka sertakan makanan kaya biotin seperti kacang-kacangan, ubi jalar, telur, bawang, dan gandum dalam diet Anda.

8. Memijat rambut kering dari akar hingga ujung dengan campuran madu dan yogurt adalah salah satu perawatan buatan sendiri yang terbaik. Setelah pijat, biarkan rambut selama 15-20 menit dan cuci dengan air hangat dan sampo. Hal ini membantu rambut yang kusut.

9. Hancurkan atau campurkan alpukat, pisang, dan minyak zaitun bersama-sama, oleskan pada rambut kering biarkan selama minimal 30 menit sebelum mencucinya dengan sampo dan cuka sari apel encer.

Cuka sari apel sangat bagus sebagai bilasan alami. Ini tidak hanya membuat rambut Anda lebih halus tetapi juga membuatnya lebih mudah untuk diurai, yang berarti mengurangi kerusakan.

10. Menerapkan campuran cuka sari apel encer, jus lemon, dan madu pada rambut juga dianggap sebagai pengobatan yang bermanfaat karena mengurangi jejak minyak yang tidak diinginkan dari kulit kepala.

11. Buat campuran putih telur, susu almond, dan minyak kelapa dan oleskan ke rambut kering, dan cuci setelah 15 hingga 30 menit. Formula buatan sendiri ini membantu meremajakan rambut rusak.

Minyak kelapa adalah kondisioner yang sangat baik yang bekerja sangat baik dengan penggunaan yang lama. Ini mengandung asam lemak dengan sifat penetrasi yang membantu menyehatkan dan mengkondisikan rambut dari dalam.

12. Campuran lidah buaya, minyak zaitun, dan kuning telur dapat membuat untaian tipis dan tidak bernyawa setelah dipijat dan dicuci dengan sampo.

Kuning telur bisa sangat menghidrasi karena mengandung lemak. Kuning telur meningkatkan pertumbuhan rambut, membantu melestarikan dan meremajakan rambut rusak.

13. Shea butter adalah kondisioner, pelembab, dan agen penyembuhan untuk kulit kepala. Itu terbuat dari kacang shea Afrika barat dan sangat baik untuk membantu mengendalikan kerontokan rambut.

Shea butter bekerja dengan baik pada rambut kusut; Shea butter akan menjinakkan rambut kusut dan mengurangi ujung bercabang. Ini melindungi dan menghidrasi rambut rusak juga.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

One thought on “Merawat Rambut Dengan 13 Bahan Rumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »