logo-mipacko

CARA MEMBERSIHKAN CASING PONSEL – 5 JENIS: SILIKON, PLASTIK, KAYU, KULIT, KARET

membersihkan casing ponsel

Bagaimana bisa casing ponsel kita yang dulu cantik mulai tidak enak untuk dilihat?

Karena kita menggunakan ponsel setiap hari, ponsel menjadi terpapar dengan kondisi lingkungan seperti radiasi UV, kelembapan, panas, debu, gesekan, dll. Hal ini membuat permukaannya terus-menerus aus, yang dapat mengakibatkan noda.

Tetapi walaupun jika casing ponsel kamu tidak memiliki noda yang terlihat, yang terbaik adalah selalu menjaga casing kamu tetap bersih dari kuman dan bakteri. Hal ini terutama berlaku karena ponsel kamu mungkin lebih kotor daripada dudukan toilet.

Ada metode yang berbeda untuk cara membersihkan casing ponsel, tergantung pada jenis casing ponsel yang kamu miliki, bagaimana metodenya?

Membersihkan Casing Ponsel Berbahan Plastik & Silikon

casing ponsel silicone

Untuk membersihkan casing ponsel silikon, mulailah dengan mengombinasikan sabun cuci piring dan air dalam mangkuk. Saat airnya bersabun, tempatkan casing ponsel kamu ke dalam mangkuk dan biarkan meresap selama beberapa menit. kamu mungkin perlu memasang pemberat pada kasing agar tetap terendam.

Untuk menghilangkan noda dan membersihkan bagian tepinya, gosok perlahan dengan sikat gigi. kamu juga dapat menambahkan baking soda jika kamu menemukan noda yang sangat membandel. Lanjutkan menggosok sampai semua kotoran hilang, kemudian bilas casing ponsel kamu dengan air dingin. Ini bahkan bekerja dengan baik pada casing ponsel plastik bening.

Kemudian kamu dapat mengeringkan casing dengan kain microfiber untuk menyedot air tanpa menggores kasing. Kami merekomendasikan kain mikrofiber mipacko, karena sangat lembut dan tenunan datar memastikan tidak ada serat atau goresan yang tertinggal. Sebelum memasang kembali casing ke ponsel kamu, biarkan mengering selama sekitar satu jam untuk memastikan tidak ada bagian yang basah.

- Jika Casing Ponsel Berwarna Putih

Jika casing ponsel kamu silikon berwarna putih dan hanya sedikit kotor, kamu dapat mencuci dan mengeringkan casing dengan metode yang sama seperti di atas. Namun, kasing putih bisa lebih cepat kotor, dan sering kali menguning atau berakhir dengan noda yang sangat jelas. Jadi, jika kamu membutuhkan lebih banyak tenaga ekstra untuk membersihkan casing ponsel putih kamu, campurkan pemutih dan air dalam mangkuk.

Gunakan pemutih sedikit saja, karena terlalu banyak pemutih dapat merusak casing silicon kamu. Kamu dapat mengencerkan satu sendok teh pemutih dalam air hangat, lalu masukkan casing ponsel ke dalam larutan selama beberapa menit. Pemutih akan membantu menghilangkan noda yang membandel dan menguning.

Membersihkan Casing Ponsel Berbahan Karet

casing ponsel karet

Seperti casing silikon, casing ponsel berbahan karet dapat dengan mudah dibersihkan dengan menggunakan campuran sabun cuci piring dan air. Ini merupakan cara paling dasar tentang cara membersihkan casing ponsel.

Rendam casing dalam air sabun dan bersihkan tepinya dengan sikat gigi. Kemudian, bersihkan wadah karet dengan handuk microfiber. Jika masih ada noda pada casing ponsel, kamu dapat membasahi kain tersebut dengan alkohol isopropil dan mengelapnya kembali.

Kamu juga dapat menambahkan sedikit boraks ke dalam air sabun dan membiarkan casing ponsel karet kamu berada di dalam larutan tersebut selama sekitar satu jam.

Selalu gunakan kain microfiber Mipacko untuk mengeringkan casing ponsel kamu. Kain microfiber mencegah timbulnya goresan atau serat yang tertinggal pada casing ponsel.

Beberapa noda mungkin lebih membandel daripada yang lain, terutama pada casing karet berwarna putih atau bening. Jadi, jika kamu masih tidak bisa menghilangkan semua kotoran, cobalah membuat pasta dari campuran soda kue dan air.

Sebarkan pasta tersebut pada casing ponsel kamu dan biarkan pasta mengering selama beberapa jam. Kemudian, sikat pasta tersebut dan bilas casing ponsel kamu.

Membersihkan Casing Ponsel Berbahan Kayu

casing ponsel kayu

Kayu adalah casing ponsel yang paling halus, jadi sangat penting untuk membersihkan casing ponsel kayu kamu  lebih sering. Hal Ini akan mencegah minyak, kotoran, dan serpihan masuk atau menggores permukaan ponsel kamu.

Jika memungkinkan, jangan menggunakan air pada saat membersihkan casing ponsel kayu. Kontak yang terlalu banyak dengan air dapat menyebabkan kayu menjadi rusak. Sebagai gantinya, rawat casing ponsel kayu kamu dengan membersihkan secara teratur menggunakan kain microfiber kering. Berbeda dengan tisu atau kain lain dapat meninggalkan goresan pada kayu, kain microfiber mengandung serat halus yang menyedot kotoran tanpa merusak permukaannya.

Untuk kotoran yang lebih keras pada casing ponsel kayu kamu, kamu dapat sedikit membasahi kain microfiber dengan sedikit air dan lap. Jika terdapat kotoran yang membandel, tambahkan beberapa tetes cuka putih ke dalam air dan celupkan kain ke dalam larutan tersebut. Jangan pernah mengoleskan cairan langsung ke casing kayu, oleskan selalu cairan ke kain. Kemudian gunakan kain microfiber kering untuk mengeringkannya. Karena kayu memiliki pori-pori, gunakan kain microfiber yang lembut pada proses pengeringan.

Membersihkan Casing Ponsel Berbahan Kulit

casing ponsel kulit

Casing ponsel berbahan kulit paling baik dibersihkan dengan menggunakan larutan sabun yang lembut. Kamu dapat membersihkan casing kulit kamu dengan sabun ringan, dan kain microfiber yang lembap. Oleskan sabun pada kain dan sebarkan secara merata. Jika kamu memiliki pembersih yang lembut, gunakan bersama dengan kain kering.

Gosok dengan Gerakan melingkar, dan juga ingat untuk selalu menggunakan tenaga selembut mungkin pada saat membersihkan dan mengeringkan. Tenaga yang berlebihan dapat membuat casing kulit menjadi renggang. Ingatlah bahwa berbagai produk dan cara yang kamu gunakan pada casing kulit dapat mengubah tampilan dan warnanya, jadi semakin sederhana pekerjaan pembersihannya, semakin baik.

Mengapa Selalu Menggunakan Kain Microfiber?

Apa pun jenis casing ponsel yang kamu miliki, kain microfiber sangat penting jika kamu ingin membersihkan casing ponsel dengan benar. Hal ini karena kain microfiber sangat lembut untuk tidak tergores, sangat kecil untuk mengangkat kotoran, dan sangat menyerap untuk mengeringkan secara menyeluruh! Faktanya, microfiber sangat kecil sehingga dapat secara efektif menghilangkan banyak kuman dan bakteri hanya dengan air saja.

Apa itu Microfiber?

Penting untuk membersihkan casing ponsel kamu secara teratur untuk mencegah kotoran, residu, dan penumpukan kotoran. Dengan kombinasi campuran larutan pembersih dan kain microfiber, kamu dapat membersihkan casing ponsel kamu secara efektif, apa pun jenis casingnya. Baik itu plastik, silicon, kayu ataupun kulit. Kamu dapat mengandalkan kain microfiber untuk membersihkan casing ponsel kamu secara menyeluruh tanpa kerusakan apa pun.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

One thought on “CARA MEMBERSIHKAN CASING PONSEL – 5 JENIS: SILIKON, PLASTIK, KAYU, KULIT, KARET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »