logo-mipacko

Cara Alami Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

membersihkan karang gigi

Membersihkan Karang Gigi – Tidak ada yang menginginkan gigi berwarna coklat atau kuning, yang disebabkan oleh penumpukan karang gigi. Tapi bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan perubahan warna ini? Ada banyak metode pemutihan gigi yang dijual bebas, tetapi banyak orang tidak suka menggunakan bahan kimia yang kuat dan berpotensi berbahaya untuk menghilangkan plak.

Rak-rak supermarket dipenuhi dengan merek pemutih dan pembersih gigi yang mengklaim dirinya yang paling baik. Tidak hanya mahal, tetapi beberapa diantaranya ternyata dapat merusak lapisan pelindung gigi.

Kabar baiknya, ada beberapa alternatif.

Dengan menggunakan metode alami, efektif, dan aman, kamu dapat menghilangkan penumpukan karang gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang biasanya sudah tersedia di rumah.

Apa itu Karang Gigi?

karang gigi

Karang Gigi adalah endapan keras yang terkalsifikasi yang membentuk dan melapisi gigi dan gusi. Karang gigi terbentuk ketika bakteri yang secara alami ada di mulut bercampur dengan sisa-sisa partikel makanan untuk membentuk lapisan lengket yang dikenal sebagai plak. Ketika plak tidak dirawat, plak akan mengeras dan berubah warna, membentuk karang gigi.

Karang gigi sangat buruk bagi gigi dan gusi. Hal ini tidak hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga menyebabkan pembusukan gigi dengan membangun dan menumbuhkan bakteri yang menggerogoti lapisan gigi yang disebut email.

Karang gigi biasanya berwarna kuning kecokelatan dan terbentuk ketika plak, yang tidak berwarna, tidak dibersihkan dari gigi untuk waktu yang lama. Proses ini memakan waktu sekitar dua minggu, tetapi beberapa orang dengan kondisi tertentu mungkin mengalaminya dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat.

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Kabar baiknya adalah ada banyak cara untuk membersihkan karang gigi dengan bahan yang dapat ditemukan di rumah. Cara-cara membersihkan karang gigi ini semuanya menggunakan bahan-bahan alami dan sangat mudah dilakukan.

- Membersihkan Karan Gigi Dengan Soda Kue

soda kue

Untuk campuran pemutih gigi dan melawan karang gigi tambahan, goyangkan soda kue ke sikat gigi basah dan gosok gigi dan gusi secara menyeluruh. Biarkan soda kue selama setidaknya lima belas menit sebelum dibilas.

Meskipun tidak terlalu enak, soda kue dapat menetralkan asam berbahaya dari hal-hal seperti soda dan makanan sekaligus membunuh bakteri dan memutihkan gigi secara alami.

- Cuka Putih untuk Membersihkan Karang Gigi

cuka putih

Menggunakan cuka putih adalah metode lain yang dapat menembus karang gigi. Mulailah dengan mencampur cuka putih dalam segelas air asin hangat. Larutan ini kemudian bisa dikumur sekali sehari untuk membantu membersihkan karang gigi yang terbentuk di daerah antara gigi dan gusi.

Campuran tersebut harus dibuat dari dua sendok makan cuka putih ke dalam secangkir air hangat dengan garam terlarut. Sifat asam cuka putih membuat cara ini sangat efektif membunuh bakteri yang tidak diinginkan dan mencegah infeksi.

- Menggunakan Kulit Jeruk

kulit jeruk

Kulit jeruk juga merupakan cara yang bagus untuk membersihkan karang gigi. Penggunaannyapun sangat mudah dilakukan karena kamu hanya perlu mengambil bagian dalam kulit jeruk dan mengoleskannya ke area gigi dan gusi.

Cara lainnya adalah dengan membuat pasta dari bagian dalam kulit yang telah dihaluskan dan dicampur dengan air. Pasta ini kemudian bisa dioleskan ke gigi dengan sikat gigi. Vitamin C dan sifat antimikroba dari kulit jeruk dapat menghilangkan lapisan karang gigi dan plak, serta membunuh pertumbuhan mikroba pada gigi.

Cara Mencegah Plak

Tentu saja solusi terbaik untuk karang gigi adalah menghentikannya sebelum dimulai. Hal ini dilakukan dengan menyikat gigi dua kali sehari selama setidaknya dua menit dengan sikat berada pada sudut empat puluh lima derajat ke gigi kamu, pastikan untuk menyikat setiap sisi setiap gigi sepenuhnya. Metode ini tidak boleh diabaikan atau dilewati.

Menghindari makanan ringan dan minuman manis juga penting. Gula dalam makanan tidak hanya membantu plak membentuk lapisan lengket yang melapisi gigi, tetapi gula juga merupakan bahan penting dalam pertumbuhan mikroba. Begitu mikroorganisme memiliki sumber makanan dalam gula ini, mereka siap untuk makan dan bereproduksi yang tidak hanya menyebabkan bau mulut tetapi juga dapat menyebabkan infeksi.

Tidak perlu dikatakan lagi bahwa benang gigi juga dapat mencegah pembentukan karang gigi dan plak yang menyebabkan gigi berlubang dan kerusakan gigi. Karang gigi tidak hanya terbentuk di area gigi yang mudah dijangkau dan terlihat, tetapi juga di area kecil yang sulit dijangkau di mulut.

Benang gigi adalah metode yang dicoba dan benar untuk mengikis plak yang terakumulasi di celah-celah di antara gigi. Metode ini, ditambah dengan berkumur dengan air cuka putih, merupakan solusi rumah yang sangat baik untuk mencegah pembentukan karang gigi di area yang tidak terlalu mudah dijangkau ini.

Kunjungi Dokter Gigi Setidaknya Dua Kali Setahun

dokter gigi

Meskipun tidak selalu merupakan pengobatan alami di rumah, selalu penting untuk mengunjungi dokter gigi atau ahli kesehatan mulut kamu secara teratur. Sebagian besar dokter gigi menyarankan pembersihan terjadwal setiap enam bulan.

Melakukan pembersihan dan perawatan fluoride secara teratur adalah bantuan yang bagus untuk melawan karang gigi dan plak. Penting juga untuk memeriksakan gigi berlubang dan kemungkinan penyakit gusi untuk mengetahui masalah yang lebih serius sebelum berujung pada masalah yang lebih besar.

Perawatan mulut tidak harus mewah dan mahal. membersihkan karang gigi tidak hanya diperlukan untuk membuat gigi putih, tetapi juga untuk menjaga gigi tetap kuat dan sehat dalam waktu yang lama.

Kamu dapat melakukannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mungkin sudah kamu miliki. Semua metode alami ini dapat dilakukan dengan menggunakan makanan dan bahan yang tersedia di warung dan tidak memerlukan banyak pekerjaan tambahan.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »