logo-mipacko

Membersihkan Lantai Vinyl Dengan 7 Cara Mudah

Membersihkan lantai vinyl

Hampir semua orang ingin memiliki lantai kayu di rumah mereka, tetapi lantai vinyl memiliki keistimewaannya sendiri yang menjadikannya tambahan yang bagus untuk ruangan mana pun, menurut Home Advisor. Tidak hanya ramah untuk hewan peliharaan, lantai vinyl juga tahan air, sehingga sangat mudah dibersihkan. Tidak seperti lantai kayu atau laminasi, lantai vinyl tidak akan ternoda oleh air, jadi Kamu tidak perlu terburu-buru mengeringkannya. Lantai vinyl membutuhkan waktu tidak lebih dari lima menit untuk dibersihkan, bergantung pada seberapa besar ruangan kamu.

Ada berbagai cara berbeda untuk membersihkan lantai vinyl secara efisien, mulai dari menggunakan pembersih vinyl komersial hingga membuat solusi sendiri. Yang kamu perlukan untuk pekerjaan ini hanyalah pel dan ember. Kemudian beberapa produk pembersih umum yang mungkin sudah kamu miliki di rumah.

1. Menghilangkan Bekas Lecet dari Lantai Vinyl dengan WD-40

Sebelum Kamu mulai mengepel, periksalah lantai vinyl Kamu dan lihat apakah ada bekas goresan yang membandel yang perlu dihilangkan. Jika Kamu kesulitan menghilangkan bekas atau noda, maka rencana tindakan terbaik Kamu adalah mengeluarkan WD-40 dari garasi. Offbeat Bros merekomendasikan untuk membersihkan lecet dengan pelumas WD-40, lalu mengikisnya dengan kain lembut microfiber.

WD40

WD-40 tidak hanya menggantikan air dan mencegah karat, tetapi juga memecah kotoran dan kotoran secara efektif, menjadikannya alat pembersih yang praktis. Kitchn juga merekomendasikan menggunakannya untuk menyeka kotoran dari nat, membersihkan noda dari baja tahan karat, mengurangi kilau pada lantai kayu keras, dan menghilangkan bekas lecet dari lantai ubin, di antara hal-hal lainnya. Kamu tidak hanya dapat menggunakan WD-40 untuk melumasi rantai sepeda yang berkarat atau memperbaiki engsel pintu yang berderit, tetapi Kamu juga dapat menggunakannya untuk menangani tugas-tugas rumah Kamu.

2. Buat Larutan Pembersih untuk Lantai Vinyl dengan Sabun Cuci Piring

Meskipun Kamu dapat menggunakan pembersih lantai komersial untuk mencuci lantai vinyl Kamu, sebaiknya periksa kembali label untuk memastikan bahwa pembersih tersebut aman untuk vinyl sebelum menggunakannya. The Spruce memperingatkan bahwa produk pembersih lantai umum meninggalkan lapisan kusam di lantai yang akan menarik lebih banyak debu dan kotoran sepanjang hari, yang merupakan kebalikan dari apa yang kamu coba capai.

sabun cuci piring

Untuk itu, daripada menggunakan produk pembersih lantai, ambil ember berisi air hangat dan campur dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Solusi pembersihan sederhana ini akan cukup kuat untuk membersihkan lantai Kamu secara efektif, dengan bonus tambahan karena Kamu tidak perlu membeli produk pembersih lantai setiap bulan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Satu-satunya kelemahan dari metode ini adalah Kamu harus membilas lantai setelahnya, atau Kamu berisiko meninggalkan penumpukan sabun di vinyl.

3. Membersihkan Lantai Vinyl dengan Air dan Cuka

Jika Kamu tidak ingin dipusingkan dengan membilas lantai setelah membersihkannya, lewati cara sebelumnya yang menggunakan larutan sabun cuci piring. Sebagai gantinya, buatlah campuran dengan air hangat dan cuka sari apel. Perhatikan saja bahwa ini adalah solusi pembersihan yang lebih lembut, dan mungkin tidak akan efektif dilakukan untuk membersihkan ruangan dengan lalu lintas tinggi, seperti dapur.

cuka putih

Untuk membuat, cukup campurkan 1 cangkir cuka sari apel dengan 1 galon air hangat. Bob Vila menjelaskan bahwa keasaman dalam cuka sari apel akan mengurai kotoran di lantai dengan cara yang sama seperti sabun, tetapi tanpa lapisan sabun sesudahnya. Ini berarti Kamu tidak perlu membilas lantai setelah dibersihkan. Kamu juga dapat mengganti cuka sari apel dengan cuka putih jika Kamu juga ingin mendisinfeksi lantai di tempat-tempat seperti kamar mandi.

4. Menggunakan Baking Soda

Jika terdapat tumpahan saus pada saat memasak, atau tumpahan minuman di ruang tamu, maka Kamu membutuhkan baking soda untuk membersihkannya. Jika Kamu tidak dapat menghapus noda tersebut dengan cepat dan noda gelap telah terlanjur menempel di lantai vinyl, buatlan campuran pasta yang terdiri dari 2 sendok makan soda kue dan 1 sendok teh air. Pasta ini akan membantu memudarkan warna dari noda tersebut. Oh So Spotless menjelaskan bahwa baking soda bersifat abrasif, sehingga akan membantu mengangkat noda dari lantai Kamu tanpa merusak vinyl di bawahnya.

soda kue

Jika noda tidak hilang saat pertama kali Kamu mengoleskan pasta, cobalah satu atau dua kali lagi sampai perubahan warna mulai memudar. Kamu juga dapat menggunakan pasta ini untuk mengatasi penumpukan kotoran, karena soda kue akan membantu menghilangkan residu tersebut. Setelah noda hilang, bersihkan soda kue dengan kain bersih dan lembut.

5. Jadikan Lantai Vinyl Bersinar Dengan Minyak Bayi

Jika Kamu merasa lantai vinyl Kamu terlihat kusam, saatnya memberikan tambahan kilau. Yang Kamu perlukan untuk melakukannya adalah 3 sampai 5 tetes baby oil. Euro Maids menyarankan untuk menambahkan beberapa tetes saja ke dalam satu galon air hangat. Jika Kamu ingin, Kamu juga dapat menambahkan secangkir cuka ke ember untuk memoles dan mendisinfeksi lantai pada saat yang bersamaan.

minyak bayi

Hunker menjelaskan bahwa cuka putih bersifat asam dan akan memecah penumpukan apa pun di lantai, yang menyebabkan kilau kusam pada vinyl. Baby oil, di sisi lain, adalah cat alami dan akan menambah kilau ekstra pada vinyl setelah dibersihkan dari semua kotoran.

6. Hilangkan Noda Membandel di Lantai Vinyl dengan Rubbing Alcohol

Ada noda tertentu yang melukai lantai vinyl dan rasanya tidak mungkin untuk dihilangkan, seperti minyak, tinta, atau spidol permanen. Jika Kamu kesulitan menghilangkan salah satu noda ini dan tidak ada soda kue atau WD-40 yang bekerja untuk menghilangkannya, maka inilah saatnya untuk mengeluarkan rubbing alcohol.

Thrifty Fun merekomendasikan untuk membersihkan noda yang paling sulit dengan cairan pembersih kaca terlebih dahulu, karena mengoleskan rubbing alcohol langsung ke noda dapat menimbulkan noda lainnya.

rubbing alcohol

Midland Daily News mengatakan untuk menuangkan alkohol ke kain mikrofiber, dan menggunakan kain tersebut ke noda. Setelah noda mulai berpindah dari lantai dan ke kain, pastikan untuk mengganti sisi kain Kamu untuk membersihkan bagian lantai lainnya agar bagian lantai lainnya tidak ternodai oleh noda yang berada di sisi kain sebelumnya.

7. Bersihkan Lantai Vinyl Dengan Sabun Cuci Pakaian

Jika Kamu merasa tidak pernah bisa membersihkan lantai vinyl Kamu sepenuhnya, maka ada TikTok Hack tentang membersihkan lantai yang akan membuatnya berkilauan. Pengguna TikTok, Lisa, yang juga menjalankan bisnis kebersihan bernama CleanHappyCo., merekomendasikan untuk mencampur beberapa tetes deterjen cair dengan seember air hangat.

sabun cuci pakaian

Lisa menggunakan alat pel microfiber, karena microfiber inilah yang mengangkat kotoran dari lantai, dan sabun cuci yang melepaskan kotoran dari pel, bahkan saat Kamu mencelupkannya kembali ke air kotor.

“Ini disinfektan yang hebat, sangat terkonsentrasi sehingga hemat biaya, dan aromanya luar biasa,” kata Lisa dalam video tersebut. Dalam komentarnya, Lisa menjelaskan bahwa sabun cuci pakaian lebih terkonsentrasi daripada pembersih lantai komersial, itulah sebabnya sabun ini bekerja lebih baik untuk membersihkan lantai secara mendalam.

Ingatlah tip membersihkan lantai vinyl ini saat Kamu membersihkan lantai vinyl kedepannya, dan kami menjamin bahwa lantai vinyl kamu akan terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

One thought on “Membersihkan Lantai Vinyl Dengan 7 Cara Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »