logo-mipacko

Cara Membersihkan Jok Mobil

Cara Membersihkan Jok Mobil

Cara Membersihkan Jok Mobil – Dari semua interior mobil, kain biasanya menempati posisi teratas untuk yang paling tidak mudah dibersihkan. Anda mungkin beruntung jika memiliki jok kain berwarna gelap karena kotoran akan sulit terlihat, sehingga Anda akan lupa membersihkannya walaupun sudah kotor.

Sebagian besar bengkel akan menawarkan pembersihan secara detail, tetapi membersihkan mobil Anda secara detail ke bengkel membutuhkan biaya yang mahal, apalagi jika Anda perlu melakukannya secara teratur. Untungnya, Anda dapat melakukannya sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah.

Baik Anda ingin menghemat uang atau hanya mencoba-coba saja, panduan kami tentang cara membersihkan jok mobil dapat membantu. Pertama, kita akan membahas semua hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam membersihkan interior kain jok mobil agar mobil Anda terlihat seperti dibersihkan oleh ahlinya.

Apakah Kain Jok Mobil Bisa Dicuci?

Walaupun jika Anda tidak sering melakukan perjalanan jauh di dalam mobil, kotoran, keringat, dan lemak mudah menumpuk dari penggunaan sehari-hari. Baik itu noda kopi, jus, atau makanan lainnya dapat menodai jok mobil. Penumpukan noda tersebut membuat interior menjadi sangat tidak nyaman, dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Untungnya, Anda tidak perlu memanggih ahlinya untuk membantu membersihkan interior mobil. Sebagian besar bahan kain jok mobil cukup mudah untuk dicuci, dan ada beberapa metode yang dapat dicoba bahkan untuk noda yang paling membandel sekalipun.

Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Pada Jok Mobil Berbahan Kain?

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pembersihan hingga ke setiap sudut adalah membersihkan mobil dengan menyedot kotoran yang mudah terlepas. Jika Anda memiliki noda kotoran atau lumpur, tunggu hingga mengering, lalu kikis atau sikat sisa kotoran tersebut dengan lembut.

Sebaiknya periksa seberapa banyak bagian jok yang perlu dibersihkan. Jika jok dalam kondisi baik dan hanya beberapa titik noda saja, Anda cukup membersihkan bagian tersebut saja sehingga pekerjaannya akan lebih cepat selesai. Namun, jika ada penurunan kondisi secara keseluruhan, mungkin harus Anda menghabiskan sedikit lebih lama.

Untuk noda membandel, ada berbagai produk yang dapat dipilih untuk membuat jok kembali terlihat bersih. Meskipun ada sejumlah pembersih di pasaran, Anda dapat membuat larutan pembersih sendiri dan menghilangkan noda hanya dalam beberapa langkah:

  • Campurkan air hangat dengan satu tutup kecil deterjen.
  • Oleskan larutan tersebut.
  • Dengan menggunakan kain, bersihkan atau usap dengan lembut sampai noda terangkat.
  • Untuk noda ekstra membandel, gunakan sikat atau sikat gigi yang lembut.

Untuk noda yang lebih besar, botol semprot bisa berguna karena Anda bisa menggunakannya untuk menyemprotkan larutan pembersih ke area yang lebih luas. Anda mungkin ingin menggunakan kuas yang lebih besar, tetapi kami sarankan untuk menerapkan tekanan secara bertahap untuk menghindari kerusakan yang tidak perlu.

Baik merawat noda kecil atau besar, berhati-hatilah saat menggunakan terlalu banyak air. Ini sebenarnya bisa menjadi kontraproduktif dan membuat kain menjadi rusak. Anda juga berisiko berakhir dengan mobil basah selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Apa Pembersih Terbaik Untuk Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kain?

- Pembersih Jok Mobil Buatan Sendiri

Ada banyak bahan buatan sendiri yang paling banyak dicoba, jadi kami telah mengumpulkan beberapa cara yang paling populer. Anda dapat mencoba:

  • Pasta Soda Kue Untuk noda ekstra keras, campurkan sedikit soda kue dengan beberapa tetes air. Oleskan pasta, biarkan selama beberapa menit, lalu gosok perlahan dengan sikat.
  • Cuka – Campurkan satu cangkir cuka dengan dua cangkir air dan oleskan ke kursi menggunakan semprotan. Anda dapat meringankan aroma cuka dengan menambahkan beberapa tetes aroma minyak esensial.
  • Busa Cukur – Oleskan busa cukur langsung ke jok atau noda, biarkan mengendap, lalu usap atau lap dengan lap microfiber secara lembut sampai noda hilang.

Bagaimana Cara Membuat Jok Mobil Dari Kain Terlihat Baru?

Cara terbaik untuk membuat kursi mobil agar terlihat baru adalah dengan sering membersihkannya, dan menghindari keausan yang signifikan sejak awal. Simpan tisu di dalam mobil untuk membantu menghentikan noda yang tumpah, dan dengan cepat menghapus tumpahan cairan apa pun. Masukkan pembersihan ke dalam daftar periksa perawatan mobil rutin juga dapat mengurangi upaya yang harus dilakukan dalam jangka panjang.

Jika Anda tahu sejak awal bahwa Anda akan kesulitan menjaga kebersihan interior, Anda dapat membeli sarung jok mobil. Meskipun mungkin tidak sesuai dengan tampilan yang diharapkan, namun sarung jok dapat mencegah kerusakan dan kotoran dari banyak faktor.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »