logo-mipacko

Cara Menghilangkan Noda Minyak Pada Pakaian

Cara Menghilangkan Noda Minyak Pada Pakaian

Menghilangkan Noda Minyak – Noda minyak memang tidak bisa dihindari, apalagi bagi mereka yang hobi memasak. Noda ini adalah salah satu noda pakaian yang paling umum dan juga yang paling menyebalkan. Selain pada pakaian, noda minyak juga bisa terdapat di serbet dan juga celemek.

Dalam artikel ini, kita akan fokus pada noda minyak nabati seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Pakaian

Sangat penting untuk selalu mengikuti petunjuk pencucian yang terdapat pada pakaian kita. Jika kita memiliki pakaian yang tidak dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci, hal yang paling aman untuk mencucinya secara manual menggunakan tangan

Ketika menghadapi noda minyak atau lemak, hal terpenting yang harus diingat adalah minyak tidak cocok dengan air. Kita hanya dapat menghilangkannya dengan sabun dan deterjen kuat yang bekerja melawan lemak, atau jenis produk lain yang menyerapnya. Berikut beberapa bahan pilihan untuk menghilangkan noda minyak pada pakaian.

1. Bedak bayi, Air dan Sabun

Langkah pertama adalah menghilangkan minyak berlebih dengan handuk kertas. Pertama kita perlu menekan noda saja dan jangan menggosoknya dengan handuk kertas tersebut.

Setelah itu, tutupi noda dengan bedak bayi. Biarkan selama beberapa jam agar minyak terserap sebanyak-banyaknya. Keluarkan sendok, dan gunakan untuk melepaskan bedak bayi pada noda tersebut. Hal ini akan membantu kita lebih mudah menghilangkan noda minyak.

Bedak akan membantu mengurangi noda dan sangat berguna dalam keadaan darurat saat kita tidak dapat mengganti pakaian. Tapi untuk menghilangkan noda secara menyeluruh, kita harus menggunakan sabun dan air.

Saat bedak telah dihilangkan, oleskan setetes sabun pada noda. Dengan bantuan sikat gigi basah, gosok noda dengan lembut dengan gerakan memutar. Setelah berbusa, masukkan pakaian ke dalam mesin cuci seperti biasa dan membiarkannya kering.

Jika kita tidak punya bedak bayi di rumah, kamu bisa menggunakan tepung maizena atau garam. Garam sangat direkomendasikan untuk kain beludru karena lebih mudah disikat daripada bedak bayi.

2. Cairan Pembersih untuk Menghilangkan Noda Minyak dari Pakaian

Ada kalanya noda tersebut bukan berasal dari minyak bersih misalnya saat menggoreng makanan. Produk yang lebih kuat harus digunakan yaitu, cairan pembersih piring.

Kami melihat bagaimana cairan pembersih piring menghilangkan minyak dan lemak setiap hari. Hal yang sama juga terjadi pada pakaian kita. Elemen penghilang lemaknya bekerja dengan cara yang sama, tetapi kita harus menghindari penggunaan yang berlebihan, karena tujuannya adalah bukan untuk membersihkan piring.

Tidak perlu menggunakan jumlah yang banyak tetapi akan tergantung pada ukuran noda. Oleskan sedikit pada noda dengan beberapa tetes air dan busa akan segera muncul ketika digosok dengan sikat gigi.

Untuk membantu menghilangkan noda minyak, masukkan pakaian ke dalam ember berisi air dengan setengah gelas cuka. Ini akan membantu menghilangkan noda dan bau yang mungkin timbul dengan lebih efektif. Setelah didiamkan selama 15 menit, cuci dengan mesin cuci seperti biasa.

Dalam kasus di mana ada noda yang sulit, besar atau kering yang telah lama menempel pada pakaian, sebaiknya gunakan penghilang noda komersial. Bahan kimianya akan membantu menghilangkan noda dengan lebih baik jika noda tersebut melekat kuat pada kain pakaian kita.

Ulangi proses ini jika noda tidak hilang.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »