logo-mipacko

Cara Membersihkan Matras Yoga

Cara Membersihkan Matras Yoga

Membersihkan Matras Yoga – Matras yoga hampir sempurna untuk menampung kuman. Saat berlatih, terutama gaya yang lebih energik seperti power vinyasa atau Bikram, kita cenderung banyak berkeringat. Dan saat keringat itu menetes ke matras, hal tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri dan bau yang tidak diinginkan.

Sebaiknya luangkan waktu untuk membersihkan matras yoga sebentar setelah setiap latihan, serta membersihkannya secara menyeluruh minimal sekali setiap bulan. Pembersihan dapat menghilangkan penumpukan kotoran dan keringat di matras yoga, yang dapat membuat matras tetap lengket dan memperpanjang umurnya. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Mengapa Kita Perlu Membersihkan Matras Yoga?

Untuk menghindari kuman dan bau tidak sedap, bersihkan matras dengan benar secara teratur. Membersihkan matras yoga sangat penting jika berlatih di studio yoga tempat kita berbagi matras atau alat peraga dengan orang lain. Namun, aturan yang sama masih berlaku untuk praktik di rumah, meskipun ada risiko kontaminasi silang yang lebih rendah.

Ingat: Membersihkan tidak membunuh kuman, tetapi membersihkannya bersama dengan kotoran dan debu dari suatu permukaan. Untuk membunuh kuman dan membantu mencegah penyebaran infeksi, gunakanlah desinfektan pada matras yoga.

Pilihan Pembersihan Matras Yoga

Beberapa matras yoga lebih berpori daripada yang lain; sel matras yoga tertutup lebih tipis dan tahan air, dan karenanya tidak akan meresap cairan dengan cepat. Matras yoga yang lebih tebal cenderung memiliki konstruksi sel terbuka, yang berarti dapat menyerap lebih banyak cairan dan dapat menahan lebih banyak bakteri. Tergantung pada gaya keset yang kamu miliki, ada beberapa opsi pembersihan yang berbeda.

Seberapa sering saya harus membersihkan matras yoga? Bersihkan matras yoga sebentar setelah setiap latihan dengan pembersih matras yang dibeli di toko atau larutan pembersih buatan sendiri. Sebulan sekali, bersihkan matras yoga secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk seiring waktu. Kami akan membahas rinciannya di bawah.

Bisakah saya mencuci matras yoga di mesin cuci? Beberapa matras dapat dicuci di mesin cuci bukaan depan, tetapi yang lain akan rusak jika dicuci dengan cara ini. Periksa petunjuk perawatan matras yoga yang kamu miliki pada label atau kemasannya.

Pembersihan Rutin

Baik matras yang tebal atau yang tipis, ada baiknya untuk mengelap matras setelah setiap latihan. Pertimbangkan untuk menggunakan pembersih matras sederhana yang dibuat sendiri setiap setelah berlatih. Membuat pembersih sendiri mudah dilakukan dengan produk yang mungkin sudah dimiliki di sekitar rumah.

Bawalah sebotol pembersih dan lap microfiber bersih ke tempat latihan. Semprotkan pembersih pada lap, lalu gunakan gerakan memutar untuk membersihkan seluruh permukaan matras. Pastikan untuk menyeka kedua sisi sebelum menggulung tikar di akhir latihan.

Sebelum memilih pembersih, periksa instruksi perawatan matras. Beberapa merek tidak merekomendasikan pembersih berbasis cuka, sementara yang lain tidak menganjurkan konsentrasi tinggi minyak esensial.

Pembersihan Mendalam

Kamu tahu inilah saat untuk membersihkan matras secara lebih menyeluruh ketika mulai terlihat banyak noda dan kotoran di atasnya. Untuk orang yang tinggal di lokasi yang lebih hangat atau sering berlatih di ruangan berpemanas mungkin juga ingin lebih sering membersihkan matras secara mendalam.

Jika kamu menggunakan matras sel terbuka, bersihkanlah setiap bulan dengan cara merendam keset ke dalam air sabun. Keset dengan sel tertutup yang lebih tipis akan rusak saat terendam air, jadi bersihkan saja jenis matras tersebut tanpa perlu direndam.

- Untuk Membersihkan Secara Mendalam Matras Yoga Sel Terbuka:

  • Letakkan keset di wastafel atau bak mandi berisi air hangat dan sabun cuci piring. Kamu tidak membutuhkan banyak sabun—cukup 1 sendok makan untuk setiap galon air. (Hindari air panas, karena dapat merusak matras.)
  • Rendam matras di dalam air dan biarkan meresap selama 5 menit. Kemudian gosok perlahan dengan kain microfiber lembut.
  • Bilas matras dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun.
  • Setelah matras dicuci, goyangkan. Kemudian biarkan mengering dengan sendirinya selama yang diperlukan agar benar-benar kering.

Untuk Membersihkan Secara Mendalam Matras Yoga Sel Tertutup:

  • Letakkan matras di permukaan yang rata.
  • Campurkan air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring dalam mangkuk. (Hati-hati jangan menambahkan terlalu banyak sabun.)
  • Celupkan lap microfiber ke dalam air sabun, lalu bersihkan keset dari atas ke bawah, prioritaskan bagian yang kotor, dengan gerakan memutar.
  • Bersihkan keset dengan handuk microfiber kering.
  • Gantung dan biarkan mengering terkena angin setidaknya selama 30 menit.

Bagaimana Cara Mengeringkan dan Menyimpan Matras Yoga?

Pastikan matras yoga benar-benar kering sebelum menyimpannya. Matras yang hangat dan lembap bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Untuk benar-benar kering, gantung matras di belakang kursi atau di atas pagar teras. Jangan pernah memasukkan matras yoga ke dalam pengering. Setelah keset kering, gulung dengan rapat dan simpan di tempat dengan ventilasi yang baik. Buka keset setiap beberapa minggu, bahkan jika tidak menggunakannya, untuk memungkinkan sirkulasi udara.

Jika matras mulai mengelupas, atau ada bagian yang menempel pada pakaian, itulah saatnya untuk membeli matras baru.

https://www.rei.com/learn/expert-advice/how-to-clean-yoga-mat.html

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »