logo-mipacko

Cara Membersihkan Kipas Angin Plafon yang Efektif

membersihkan kipas angin plafon

Tidak sedikit orang yang perlu mengetahui cara mudah untuk membersihkan kipas angin plafon. Banyak dari kita menunda untuk membersihkannya karena dirasa sulit untuk menjangkau kipas tersebut yang tergantung sangat tinggi.

Bila kipas angin plafon ini dibiarkan tidak dibersihkan dan terus menerus menyala maka kipas tersebut akan banyak menumpuk debu dan menjadi sangat kotor.

Mungkin kita sering mengira bila membersihkan kipas angin plafon ini harus dengan cara membongkar kipas, kemudian membersihkan satu persatu bagian kipas angin. Walaupun cara ini bisa dilakukan, namun hal tersebut tidaklah efektif.

Ada beberapa cara efektif dalam membersihkan kipas angin plafon ini menurut beberapa sumber. Berikut caranya.

Membersihkan Kipas Angin Plafon

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Pertama, kamu dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kipas angin plafonmu. Penggunaan vacuum cleaner sangat mudah dan tidak memerlukan banyak tenaga.

Lengkapilah vacuum cleaner kamu dengan sambungan sikatnya. Kenakanlah sikat tersebut ke batang vacuum cleaner dan pastikan kalau kamu memasangkannya dengan benar agar sambungan sikat tidak terjadi selama proses pembersihan.

Gunakan kursi untuk kamu naiki bila vacuum cleaner kamu ternyata lebih pendek sehingga kamu dapat menjangkau kipas angin.

Pertama, mulailah dari salah satu ujung baling-baling kipas dan berlanjut ke baling-baling lainnya hingga semua bagian baling-baling bersih dari debu yang menempel. Lakukanlah hal ini secara perlahan agar vacuum cleaner dapat menyedot debu secara maksimal.

Setelah dirasa kipas angin bersih dari debu, mulailah menyedot bagian lantai dan perabotan disekitar kamu untuk membersihkan debu-debu yang terjatuh ke lantai pada saat kamu membersihkan kipas angin.

2. Bersihkan Dengan Menggunakan Kemoceng Panjang

Selain Menggunakan vacuum cleaner, kamu juga dapat menggunakan kemoceng yang bergagang panjang untuk membersihkan kipas angin plafonmu. 

Kemoceng bergagang panjang dapat dengan mudah kamu temukan di toko-toko perabotan rumah tangga, di pasar, ataupun di department store. Caranya sangat mudah karena kamu tidak perlu tangga untuk menjangkau kipas angin tersebut.

Ada baiknya kamu memilih kemoceng yang memiliki kunci pada pegangannya, sehingga kamu dapat memperpanjangnya sesuai yang kamu butuhkan.

Menggunakan kemoceng panjang tidak memerlukan energi listrik, namun kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra sedikit lebih banyak dibanding membersihkannya menggunakan vacuum cleaner.

3. Menggunakan Sarung Bantal

Cara alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan sarung bantal bekas. Mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana bisa membersihkan kipas angin dengan menggunakan sarung bantal.

Cara ini terbilang mudah, namun kamu harus benar-benar menjangkau kipas angin tersebut. Menjangkau kipas angin plafon mungkin akan sulit sehingga kamu harus menggunakan bangku atau bahkan tangga lipat untuk menjangkaunya.

Yang perlu dilakukan ialah dengan membungkus setiap baling-baling kipas dengan menggunakan sarung bantal seperti kamu membungkus bantal. Kemudian kamu tinggal menyeka baling-baling kipas secara perlahan hingga bagian ujungnya. Pastikan semua debu tersebut terkumpul di dalam sarung bantal.

Lakukan hal ini untuk setiap baling-baling kipas angin plafon kamu. Untuk kotoran-kotoran yang membandel, kamu dapat menggunakan kain microfiber yang sedikit basah untuk membuatnya bersih maksimal.

Nah sekarang kamu tinggal membuang debu-debu yang terkumpul di dalam sarung bantal kamu dan segeralah cuci sarung bantal tersebut dengan cara membalikkan bagian dalamnya keluar agar proses mencucinya lebih maksimal.

4. Menggunakan Tangan Untuk Membersihkan Debu

Ada kalanya kamu harus turun tangan secara langsung untuk membersihkan kipas angin bila baling-baling kipas memiliki kotoran yang membandel. Caranya mudah, namun kamu harus benar-benar bisa menjangkau kipas angin plafon tersebut dengan menggunakan tangga lipat.

Gunakanlah sarung tangan debu berbahan microfiber untuk membersihkannya. Dengan menggunakan sarung tangan ini kamu akan lebih mudah dalam menjangkau setiap bagian kipas angin bahkan ke sudut yang sulit dijangkau oleh kemoceng/vacuum cleaner.

Kamu dapat mengganti sarung tangan ini dengan lap microfiber karena memang agak sulit mencari sarung tangan seperti ini.

Kamu bisa menggunakan sedikit air atau cairan pembersih pada saat membersihkan untuk hasil yang maksimal.

Tindakan pencegahan yang harus dilakukan saat membersihkan kipas angin plafon

1. Cek Sambungan Listrik

Pertama, kamu harus memastikan kalau kipas angin tersebut dalam keadaan mati. Putuskanlah sambungan listriknya untuk memastikan kipas tidak menyala secara tidak sengaja.

2. Gunakan Kantong Sampah

Selain itu untuk mencegah lantai rumah berantakan oleh debu yang terjatuh pada saat proses pembersihan, kamu dapat menempatkan plastik sampah besar di bawah kipas angin. Pastikan plastik sampah ini cukup untuk menutupi setiap sudut lantai ya.

3. Gunakan Masker dan Kacamata

Pada saat membersihkan, ada baiknya kamu menggunakan masker ya. Debu yang menyebar ke udara bisa saja terhirup olehmu secara tidak sengaja dan ini tidak baik untuk kesehatanmu, apalagi bila kamu mengidap alergi terhadap debu atau memiliki masalah Kesehatan pada saluran pernafasan. Kamu juga bisa menggunakan kacamata pengaman untuk melindungi mata kamu.

4. Panggil Ahli

Bila memungkinkan, ada baiknya kamu menugaskan orang yang ahli dalam membersihkan kipas angin kamu. Baling-baling kipas angin biasanya lebih tipis pada bagian sisinya dan itu membuatnya menjadi lebih tajam. Bila kamu tidak berhati-hati maka tanganmu bisa terluka karena itu.

Jangan lupa juga follow facebookinstagram dan subscribe youtube kita juga ya…

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

One thought on “Cara Membersihkan Kipas Angin Plafon yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »