logo-mipacko

Tips Membersihkan Gitar Akustik yang Kamu Harus Tahu !

membersihkan gitar

Membersihkan Gitar Akustik – Gitar adalah alat music paling populer di berbagai kalangan. Selain karena mudah untuk dipelajari, memainkan gitar akan membuat si pemain menjadi terlihat lebih keren di mata lawan jenis. Harga gitar yang terjangkau membuat gitar dapat dimiliki oleh setiap orang dari berbagai kalangan tanpa mengenal status sosial mereka.

Sebagai pemilik sebuah gitar, terutama gitar akustik, kita harus menjaga kebersihan gitar tersebut agar selalu awet sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Nah, ini dia beberapa tips dalam membersihkan gitar yang perlu kamu ketahui.

Urutan Membersihkan Gitar

- Membersihkan Fretboard Gitar

fretboard

Langkah awal dalam membersihkan gitar akustik adalah dengan membersihkan bagian fretboard pada gitar. Fretboard yang kotor dapat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan gitar kamu, sehingga fretboard merupakan bagian penting dari gitar selain senarnya. Dengan fretboard yang bersih, kamu akan mendapatkan suara gitar yang baik dan membuat kamu nyaman dalam menggunakannya.

Membersihkan bagian fretboard gitar ini cukup mudah, kamu hanya memerlukan kain halus yang tidak memiliki serat dan cairan pembersih gitar atau bisa digantikan dengan minyak kayu putih. Untuk membersihkan bagian ini tidak disarankan menggunakan kain microfiber karena serat dari kain microfiber dapat menyangkut pada fretboard secara tidak sengaja.

- Membersihkan Body Gitar

body gitar

Jangan lupa untuk membersihkan body gitar kamu ya agar gitar kamu selalu terlihat mulus dan mengkilap. Pada bagian bodi gitar, banyak menempel noda minyak dari tangan dan juga debu. Membersihkan bodi gitar sebetulnya tidak akan mempengaruhi kualitas suaranya, namun dengan bodi gitar yang bersih akan membuat kita nyaman dalam menggunakannya dan percaya diri bila dimainkan di depan orang lain.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu kain lap microfiber dan air saja, namun kamu bisa menambahkan cairan pembersih bila diperlukan. Kamu tinggal membasahi sedikit lap microfiber kamu agar terasa lembab lalu menggosok setiap bagian bodi gitar kamu hingga bersih.

- Membersihkan Tuning Keys Gitar

tunning keys

Tuning keys adalah bagian dari gitar yang berfungsi untuk menyetel suara gitar. Dengan menggunakan tuning keys, kamu dapat menyetel suara gitar agar sesuai dengan suara yang kamu inginkan. Untuk membersihkan tuning keys juga sangat mudah, kamu hanya perlu kain microfiber yang sedikit basah saja. Bersihkan gagang tuning keys hingga bersih dan bebas noda.

- Membersihkan Bridge Gitar

bridge guitar

Bridge gitar memang sedikit lebih merepotkan untuk dibersihkan, namun kalau kamu ingin gitar kesayanganmu bersih maksimal tentu bagian ini tidak boleh terlewatkan.

Kamu dapat membersihkan bridge gitar kamu dengan cotton bud yang sudah dibasahi dengan air atau cairan pembersih khusus. Untuk kotoran pada sela-sela bridge, kamu dapat memanfaatkan sikat gigi bekas untuk menggosoknya agar kotoran tersebut dapat hilang. Basahi sikat gigi dengan sedikit air agar sikat menjadi lebih lembut sehingga tidak menyebabkan goresan pada bridge.

- Membersihkan Senar Gitar

senar gitar

Senar gitar adalah bagian paling penting pada gitar yang harus kamu bersihkan secara berkala. Senar gitar selalu bersentuhan langsung dengan jari-jari kita dan menyebabkan banyak kotoran minyak atau keringat yang menempel. Dengan membersihkan senar gitar, maka kamu akan lebih nyaman dalam memainkannya.

Membersihkan senar gitar tidak boleh menggunakan sembarang cairan pembersih loh. Kamu harus menggunakan pembersih khusus untuk senar gitar agar tidak menimbulkan kerusakan nantinya. Semprotkan cairan pembersih khusus tersebut pada senar gitar, lalu usapkan kain dan gosok secara lembut. Lebih baik menggunakan kain yang tidak memiliki banyak serat, karena serat kain bisa saja menempel pada bagian senar gitar kamu.

Nah itulah beberapa tips untuk membersihkan setiap bagian dari gitar akustik kamu. Gunakan kain microfiber untuk membersihkan gitar dan berbagai peralatan musik kamu agar dapat bersih dengan sempurna. Kamu bisa mendapatkan lap microfiber di toko online Mipacko dengan harga yang relative terjangkau loh..

Jangan lupa juga follow facebookinstagram dan subscribe youtube kita juga ya…

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

One thought on “Tips Membersihkan Gitar Akustik yang Kamu Harus Tahu !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »