logo-mipacko

Cara Membersihkan Lensa Kamera dan Mencegah dari Jamur

membersihkan lensa kamera dari jamur

Membersihkan Lensa Kamera Dari Jamur – Tahukah Kamu bahwa jamur dapat tumbuh di lensa kamera? Kebanyakan orang mungkin belum pernah mendengar masalah ini sebelumnya, tetapi ini adalah sesuatu yang harus dihadapi oleh pemilik kamera.

Fotografer yang tinggal di iklim lembab atau basah mungkin pernah mendengar masalah jamur lensa kamera. Namun, semuanya tergantung lokasi kamu.

Memastikan lensa kamera tidak terkena jamur sangat penting untuk mencegah kerusakan serius. Tapi pertama-tama, apa sebenarnya jamur lensa itu, dan apa yang bisa dilakukan untuk menghindarinya?

Apa itu Jamur Lensa?

Sederhananya, spora jamur yang menyebar di udara dapat mendarat di lensa kamera; di sinilah mereka akan membuat rumah baru. Ketika kondisinya tepat, spora jamur ini akan tumbuh menjadi jamur dan menyebar ke seluruh permukaan lensa kamera.

Jika tidak mengambil tindakan terhadap jamur lensa, jamur dapat merusak permukaan kaca dan lapisan lensa. Berhati-hatilah di musim hujan dan awal musim panas karena banyaknya hujan dan tingkat kelembapan yang tinggi. Kondisi ini sempurna untuk jamur lensa tumbuh.

Sayangnya, jamur bisa luput dari perhatian, tetapi belum terlambat. Berikut ini cara efektif membersihkan kamera jika kamu merasa telah terinfeksi jamur lensa.

Cara Membersihkan Lensa Kamera dari Jamur dengan Benar

1. Siapkan Peralatan

Kamu bisa menghilangkan jamur dengan cepat dan mudah menggunakan peralatan rumah. Ditambah, kamu mungkin sudah memiliki semua alat ini. kamu mungkin perlu sedikit mengutak-atik kamera untuk melakukan ini.

Pertama, kamu perlu mengumpulkan beberapa barang seperti kunci pas lensa atau kunci pas, sarung tangan karet, handuk kertas, atau kain mikrofiber. Selanjutnya, kamu membutuhkan tiga cairan: cuka putih, sabun cuci piring, dan air panas.

2. Lepaskan Lensa

Kenakan sarung tangan dan gunakan kunci pas lensa atau kunci pas untuk melepaskan bagian depan lensa. Ini disebut cincin pelindung, dan setelah terlepas, kamu dapat melepas kaca dengan mudah.

3. Periksa dan Besihkan Area yang Terkena Dampak

Setelah melepas lensa, gunakan senter atau lampu untuk memeriksanya dengan cermat. Pindai lensa dengan cermat untuk menemukan area yang terkena jamur.

Selanjutnya, campurkan air panas dan sabun cuci piring untuk membuat larutan pembersih. Bersihkan lensa secara perlahan dan gosok dengan jari. Setelah merasa cukup bersih, bilas dengan air panas.

Gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan lensa dan memastikan tidak ada kelembapan yang tersisa. Ikuti proses pengeringan dengan menuangkan sedikit cuka putih ke lensa untuk menghilangkan noda atau residu air.

Cuka putih juga akan melindungi lensa dari jamur di kemudian hari. Terakhir, bersihkan lensa dan pastikan benar-benar kering.

4. Pasang kembali Lensa Kamera

Setelah menyingkirkan jamur dan mengeringkan lensa, inilah saatnya untuk merakit kembali semua bagian menjadi satu. Pastikan untuk memakai sarung tangan untuk langkah ini juga. Noda pada jari meninggalkan minyak dan lemak, yang menjadi sumber makanan jamur.

Setelah memasang kembali lensa dan mengamankan cincin pelindung kembali ke tempatnya, maka selesai sudah. Prosesnya mungkin tampak menakutkan pada awalnya karena mungkin kamu takut merusak kamera, tetapi ini cukup mudah dilakukan.

Bagaimana Mencegah Jamur Lensa Kamera?

Jamur lensa kamera memang mengganggu, tapi mudah untuk dicegah jika kamera selalu terawat dengan baik. Pencegahan adalah kuncinya, jadi gunakan tips ini untuk menghindari masalah jamur di kemudian hari.

1. Selalu Jaga Kamera Tetap Kering

Tips utama untuk mencegah jamur lensa adalah menjaga kamera bebas kelembapan setiap saat. Untuk yang tinggal di lokasi basah atau lembab mungkin hal ini tidak dapat dihindari.

Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menghindari menggunakan kamera atau melakukan pemotretan pada hari yang sangat lembab atau basah. Jika kamera basah, segera keringkan!

2. Bersihkan Kamera Secara Teratur

Kesalahan fotografer pada umumnya yaitu mereka hanya menyeka bagian depan kamera atau filter saja. Membersihkan seluruh lensa kamera dengan kain mikrofiber sesekali adalah cara yang bagus untuk mencegah pembentukan jamur lensa.

Menyeka lensa kamera secara teratur sangat penting bagi mereka yang bekerja dalam kondisi basah dan lembab.

3. Simpan Peralatan Kamera dengan Benar

Kebanyakan dari kita akan meninggalkan kamera dan semua perlengkapannya di tas kamera, tetapi ini bukan hal yang baik. Disarankan simpan kamera di dalam kotak atau tas kedap udara dengan gel silika untuk menghindari kelembapan dan pertumbuhan jamur. Selain itu juga, simpan kamera di tempat yang kering setiap saat.

Setelah meletakkan kamera di dalam kotak atau tas, tinggalkan di area dengan cahaya terang karena kegelapan total dapat memicu pertumbuhan jamur. Pastikan untuk tidak meninggalkan kamera di bawah sinar matahari langsung, karena akan menyebabkan kerusakan serius pada sensor gambar.

4. Gunakan Dehumidifier atau Air Conditioner

Ruangan tempat menyimpan kamera dapat memengaruhi pertumbuhan jamur secara signifikan. Jika kamu melihat jamur pada lensa kamera, dehumidifier atau AC bisa menjadi peralatan yang berharga untuk digunakan.

AC akan mendinginkan ruangan dan menurunkan tingkat kelembapan. Ketika menghilangkan kelembapan, kita juga menyingkirkan lingkungan hidup yang ideal untuk jamur.

Salah satu manfaat utama dari dehumidifier adalah menghilangkan kelembapan dari udara di dalam ruangan. Ini akan mengeringkan udara dan mencegah kelembapan, yang merupakan lingkungan di mana jamur tumbuh subur.

5. Hindari Sidik Jari dan Meniup Lensa

Sulit untuk menggunakan kamera tanpa meninggalkan sidik jari. Namun, lebih mudah untuk membiasakan diri tidak meniup lensa.

Daripada meniup dengan mulut ke lensa untuk membersihkannya, lebih baik menggunakan sikat yang lembut. Napas kita memiliki kelembapan, yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur.

Untuk sidik jari, sebaiknya segera bersihkan jika tidak sengaja menyentuh permukaan lensa atau jendela bidik. Gunakan kain microfiber kering dan bersih untuk membersihkan bagian luar dan menghilangkan sidik jari yang berminyak.

Musuh Nomor Satu Lensa Kamera

Kelihatannya seperti jaring laba-laba kecil atau struktur seperti akar pohon, tetapi jamur lensa dapat merusak kamera. Tidak hanya sedikit, pertumbuhan mikroba ini dapat membahayakan lensa dan juga dapat menyebar ke seluruh perlengkapan kamera.

Untuk mencegah kamera rusak parah, sebaiknya hindari jamur lensa sejak awal. Selalu simpan, bersihkan, dan rawat kamera dengan benar dan teratur untuk memastikannya awet seumur hidup.

https://www.makeuseof.com/how-to-clean-camera-lens/

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »