logo-mipacko

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

membersihkan keyboard laptop

Membersihkan Keyboard Laptop – Menurut penelitian yang dilakukan oleh perusahaan IT CBT Nuggets, keyboard laptop dapat membawa 20.000 kali lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet. Dengan begitu banyak pekerjaan, tugas sekolah, sosialisasi, dan hiburan yang sekarang dilakukan secara online, kamu mungkin menggunakan laptop lebih sering daripada sebelumnya.

Apakah Anda sedang bingung dengan remah-remah, debu, sidik jari, bulu hewan peliharaan, atau kotoran lengket pada laptop? Lihatlah sekelilingmu, kamu mungkin dapat membersihkan keyboard kamu dengan bahan yang sudah ada di sekitaran kamu.

Jika kamu berbagi perangkat laptop dengan anggota keluarga lainnya, Kamu akan dapat mencegah penyebaran kuman juga loh. Hal ini hanya akan memakan waktu beberapa menit saja, dan keyboard kamu akan terlihat baru.

Inilah yang harus dilakukan…

Matikan Sebelum Membersihkan Keyboard Laptop

Sebelum kamu mulai, matikan terlebih dahulu laptop kamu. Kamu pasti tidak ingin secara tidak sengaja menekan kombinasi tombol pintas yang mengarah membuat kekacauan kan. Lalu cabut kelistrikannya juga untuk mengurangi risiko korsleting sesuatu jika mungkin ada embun dari air yang masuk. 

Pastikan Juga kamu telah melakukan backup semua hal penting dalam laptop untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan besar. (Sebetulnya ini merupakan hal yang penting walaupun kamu tidak sedang membersihkan keyboard)

Singkirkan Debu Di Dalamnya

Untuk membersihkan remah-remah, debu, atau kotoran lainnya yang masuk ke dalam keyboard, balikkan laptop kamu dan biarkan kotoran terjatuh dengan sendirinya. Ketuk perlahan bagian bawah laptop untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Kamu juga bisa menggunakan slime pembersih di antara keyboard untuk membersihkannya.

Jika itu tidak dapat mengeluarkan semua kotoran, bersihkanlah keyboard sekali lagi menggunakan vacuum cleaner. Pastikan kamu menggunakan tingkat penyedotan yang kecil atau sedang saja. ( Tingkat penyedotan terlalu kuat bisa saja menyedot salah satu tombol pada keyboard).

Kamu juga bisa menggunakan peniup udara seperti mesin kompresor dan semprotkan dalam pola zig-zag sehingga kamu tidak akan melewatkan setiap sudut dan celah pada keyboard. Jika kamu tidak memiliki peniup udara, kamu dapat menggunakan perangkat lain seperti alat pengering rambut. 

Namun, perlu diingat, jangan menyemprotkan udara langsung dari bawah keyboard, hal itu dapat merusak perangkat elektronik yang sensitif.

Jika Anda telah melakukan semua ini dan ternyata masih banyak kotoran di bawah keyboard kamu, kamu mungkin perlu melepaskan keyboard tersebut. Apakah kamu bisa melakukan ini atau tidak itu akan tergantung pada model laptop yang kamu gunakan.

Dalam beberapa kasus, tidak mungkin melakukannya tanpa merusak keyboard. Untuk kasus seperti itu, lebih baik kamu menghubungi ahlinya saja ya. Jika kamu merasa dapat melakukan hal tersebut, cari model laptop yang kamu miliki dan ikuti instruksi dari pabriknya agar dapat melakukannya dengan baik.

Desinfeksi dan Hilangkan Noda

Berikutnya, bersihkan permukaan keyboard itu sendiri untuk menghilangkan kuman, noda, dan kotoran. Pertama, bersihkan semuanya dengan lap microfiber dengan campuran disinfektan. Jangan gunakan tisu atau kain jenis apapun yang mengandung pemutih.

Cukup gunakan kain microfiber lembut yang dibasahi alkohol atau desinfektan saja. Usap setiap tombol keyboard satu persatu dan juga area sekelilingnya untuk memastikan setiap bagian telah dibersihkan.

Hindari cairan apa pun masuk ke bawah tombol, jadi jangan gunakan kain yang terlalu basah ya, cukup sedikit lembab saja. Peras terlebih dahulu kain yang akan digunakan agar tidak ada air yang menetes ke dalam keyboard. Jangan menyemprotkan air atau cairan pembersih apa pun langsung ke keyboard.

Selanjutnya, bersihkan semuanya dengan kain lembab (sekali lagi: lembab, tidak menetes). Idealnya, kamu lebih baik menggunakan kain microfiber. Kain microfiber tidak abrasive dan tidak akan menggores keyboard pada saat digunakan.

Terakhir, keringkan seluruh area menggunakan kain microfiber kering.

Dan selesai, bersih seperti baru!

Begitulah beberapa langkah dalam membersihkan keyboard laptop. Bila kamu tidak yakin dapat melakukannya sendiri, berikanlah pada ahlinya untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan. 

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »