logo-mipacko

Cara Membersihkan Perhiasan Emas dengan Benar

membersihkan perhiasan emas

Saat membersihkan perhiasan emas di rumah, metode paling sederhana dengan jumlah bahan paling sedikit selalu merupakan yang paling aman. Namun, ada cara yang lebih spesifik untuk membersihkan perhiasan tergantung kualitasnya. Karena perhiasan emas sangat populer, mari kita tinjau bagaimana cara membersihkan perhiasan ini.

Sifat-sifat Perhiasan Emas

Emas murni selalu merupakan emas 24 karat. Jika emas milik Anda kurang dari 24 karat, ini menunjukkan bahwa emas tersebut telah dicampur dengan logam lain – yang disebut paduan – untuk meningkatkan kekerasan dan daya tahannya. Hal ini belum tentu hal yang buruk. Semakin aktif gaya hidup Anda, semakin sedikit emas murni yang Anda inginkan pada perhiasan. 

Emas adalah logam lunak dan rentan tergores, jadi mencampurnya dengan lebih banyak logam lain akan meningkatkan umurnya.

Cara Membersihkan Perhiasan Emas

Metode membersihkan berikut dibuat khusus untuk emas dengan mempertimbangkan cara yang aman dan efektif untuk menjaga emas tetap dalam kondisi prima.

Metode ini dilakukan tanpa produk komersial, Anda dapat membersihkan perhiasan emas Anda di rumah dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut:

  1. Campurkan sedikit deterjen pencuci piring ke dalam air hangat, bukan air panas.
  2. Tambahkan beberapa tetes amonia.
  3. Sikat dengan hati-hati menggunakan sikat gigi bayi yang lembut.
  4. Tempatkan dalam air hangat untuk bilas.
  5. Keringkan dengan di angin-anginkan saja atau keringkan dengan hati-hati dengan kain lembut microfiber.

Ingat: emas adalah logam lunak. Bersikaplah lembut selama proses penyikatan dan pengeringan.

Bahaya yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Perhiasan Emas

Karena kemungkinan besar perhiasan emas ternoda, ada beberapa zat tertentu yang harus dihindari:

- Sabun

Hindari sabun dengan bahan yang tidak diketahui. Sabun cuci piring biasanya memiliki bahan yang tidak berbahaya. Tetapi, akan lebih baik untuk melepaskan perhiasan emas sebelum mandi untuk menghindari akumulasi lapisan dari sabun mandi lainnya.

- Klorin

Klorin, terutama pada suhu tinggi seperti di bak mandi air panas, dapat merusak atau menghitamkan perhiasan emas secara permanen. Ingatlah untuk tidak membiarkan perhiasan emas Anda terkena larutan ini.

*Meskipun emas murni tidak akan ternoda, namun hampir semua perhiasan emas adalah paduan yang dicampur dengan logam lainnya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Tergantung pada persentase logam lain yang dicampur dengan emas, ada kemungkinan perhiasan Anda akan ternoda oleh hal tersebut. Jadi lebih baik untuk menghindarinya daripada menyesal kemudian.

Perhiasan Emas dengan Batu Permata Berwarna

Karena karakteristik dari banyak batu permata berwarna, kami menyarankan untuk bertanya kepada toko perhiasan tentang metode pembersihan di rumah yang paling aman untuk setiap bagian dengan batu permata selain berlian murni. Banyak batu permata alami yang dirawat atau ditingkatkan setelah ekstraksi, yang berdampak pada bagaimana Anda harus membersihkan perhiasan Anda.

Jika Anda membutuhkan metode membersihkan cepat karena mungkin belum sempat mengunjungi toko perhiasan, Anda bisa menggunakan metode dengan mencampur sabun cuci piring dan air saja. Cara ini aman untuk hampir semua perhiasan dan batu permata.

Mengunjungi Toko Perhiasan

Meskipun metode yang dijelaskan di atas adalah cara terbaik untuk membersihkan perhiasan emas di rumah, namun metode terbaik adalah dengan mengunjungi toko perhiasan dan membersihkannya dengan menggunakan jasa pembersih profesional.

Toko perhiasan akan mengetahui prosedur yang paling tepat untuk jenis batu permata dan logam tertentu, serta memeriksa perhiasan Anda bila terdapat kerusakan. Kami menyarankan untuk melakukan kunjungan ke toko perhiasan setidaknya 2 kali dalam setahun.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »