logo-mipacko

Cara Membersihkan Tandon Air

Membersihkan Tandon Air

Membersihkan Tandon Air – Sebagian besar orang lebih mengutamakan menyaring air yang kita minum atau yang kita gunakan di dapur rumah. Namun, kita hampir tidak pernah memberi perhatian pada kebersihan tandon penyimpanan air. Kita memanfaatkan air di dalam tandon setiap hari untuk membersihkan, mandi, mengepel, mencuci pakaian, dan tugas-tugas rumah tangga lainnya.

Pada dinding, plafon, dan lantai tandon air terdapat endapan, kerak, dan lumut yang menumpuk dari waktu ke waktu. Endapan ini dapat mencemari air dan membuatnya tidak dapat digunakan.

Tandon air harus menjalani pemeriksaan dan pembersihan rutin sesuai kebutuhan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa membersihkan tandon air sangat penting dan bagaimana cara membersihkannya.

Mengapa Sangat Penting untuk Membersihkan Tandon Air?

Membersihkan tandon air rumah tangga sangat penting untuk menjaga kebersihan air. Tandon air dapat tersumbat oleh kotoran, debu, puing-puing, jamur, dan bakteri yang berpotensi mematikan seperti Legionella dari waktu ke waktu.

Hal ini akan diatasi dengan prosedur pembersihan yang rutin berdasarkan pada penilaian risiko, memastikan sistem aman, terjamin, dan sesuai dengan standar.

Bahkan tandon penyimpanan air yang terus menerus digunakan pada akhirnya dapat menyebabkan pertumbuhan mikroba. Menurut standar lokal dan nasional, tandon-tandon ini harus dibersihkan dan didesinfeksi setidaknya dua kali setahun.

Sumber air dengan sirkulasi rendah dan stagnasi bisa menjadi tempat berlindung bagi mikroorganisme berbahaya.

Banyak faktor, seperti penggunaan air yang tidak efisien, penggunaan tandon besar, dan masalah dalam sistem air yang menyebabkan penyumbatan, dapat menyebabkan terjadinya stagnasi.

Pembersihan tandon diperlukan dan harus dilakukan setidaknya setahun sekali. Tetapi juga tergantung pada kualitas air yang dipasok ke rumah-rumah. Jika airnya keras dan TDS-nya tinggi, maka pengendapan akan lebih sering terjadi. Dalam kasus seperti itu, diperlukan lebih dari satu kali pembersihan tandon air setiap tahun.

Baca juga : 7 Manfaat Kesehatan Dari Rumah Yang Bersih

Cara Membersihkan Tandon Air di Rumah

  • Pertama, kuras tandon. Melalui lubang katup keluar, kuras airnya. Pastikan tidak akan ada genangan air lokal akibat air. Dengan ember, kumpulkan air yang tersisa. Tandon harus dibersihkan dan dikosongkan terlebih dahulu dari luar.
  • Kedua, Bersihkan tandon. Taburkan deterjen cair dan soda kue pada dinding tandon air. Gosok bagian dalam tandon dengan spons abrasif atau sikat bulu. Sambil memberikan banyak tekanan pada sikat atau spons, gerakkan lengan secara horizontal dari sisi ke sisi. Hindari menggunakan spons atau sikat dengan bulu baja.
  • Gunakan larutan air panas dan deterjen, dan gosok semua permukaan bagian dalam. Endapan, lumut, karat, dan biofilm dapat dihilangkan dengan sikat yang dipasang di tiang atau mesin cuci listrik. Semua selang, pompa, dan pipa yang digunakan untuk mengisi dan mengosongkan tandon harus dibersihkan dan dibilas.
  • Tandon air sangatlah sempit, bila anda akan masuk ke dalamnya jangan lupa untuk mengenakan semua peralatan perlindungan diri dan masukilah dengan hati-hati.

Tips untuk Mencegah Pertumbuhan Lumut di Tandon Air

Selalu pilih tandon yang benar-benar buram. Sinar matahari diperlukan lumut untuk mendapatkan energi dan berkembang biak. Organisme ini menggunakan fotosintesis, yang menyebabkan hal ini terjadi. Lumut tidak dapat bertahan hidup tanpa sinar matahari. Lumut cenderung tidak menetap di tandon jika mereka tidak menerima sinar matahari.

  • Untuk membunuh lumut, gunakan pemutih. Gunakan pemutih untuk menghilangkan alga jika Anda memiliki masalah. Seperempat sendok teh dapat ditambahkan ke setiap lima liter air tandon.
  • Pemutih adalah cara terbaik untuk menghilangkan lumut dan organisme lain yang mungkin bersembunyi di tandon air sekaligus mencegah pertumbuhannya kembali.
  • Menggunakan pemutih yang dibuat dari larutan yang mengandung 5,25% hipoklorit didukung oleh studi ilmiah. Jangan pernah menggabungkan klorin dengan pemutih.
  • Karena banyak spesies, termasuk lumut dapat merusak integritas tandon, tips ini juga dapat membantu memperpanjang umur tandon.

Jangan biarkan lumut tumbuh subuh di tangka anda. Bila lumut telah menguasai tandon air anda, akan sulit untuk menghilangkannya dan mungkin anda harus mengganti tandon baru.

Kesimpulan

Membersihkan seluruh tandon air akan memakan waktu antara empat hingga enam jam, tetapi pada akhirnya akan sepadan untuk kesehatan keluarga Anda. Banyak perusahaan professional yang dapat membantu membersihkan tandon air dengan harga yang wajar. Pertimbangkan untuk meminta bantuan profesional karena situasi ini membutuhkan peralatan dan bahan kimia khusus (seperti disinfektan).

Baca juga : Cara Membersihkan Lensa Kamera dan Mencegah dari Jamur

Picture of Mipacko Microfiber
Mipacko adalah spesialis produsen microfiber pertama di Indonesia yang memproduksi produk microfiber berkualitas tinggi untuk berbagai kebutuhan kebersihan sehari-hari. Kami memproduksi produk yang mudah digunakan dan ergonomis yang dapat memberikan hasil sempurna tanpa menggunakan bahan kimia.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

@mipacko

Artikel Terakhir