logo-mipacko

Bagaimana Cara Mencuci Selimut Agar Selalu Nyaman Digunakan

Cara Mencuci Selimut Agar Selalu Nyaman Digunakan

Membersihkan selimut bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Tetapi kita harus tahu bahwa penting untuk menggunakan teknik yang tepat untuk setiap ukuran dan bahan selimut, untuk memastikan semuanya memiliki masa pakai yang lama.

Anda tidak perlu mencuci selimut sesering mencuci seprai, tetapi ada baiknya untuk membersihkannya dengan benar beberapa kali dalam setahun.

Apa yang Dibutuhkan?

  • Deterjen
  • Penghilang noda: Ahli kebersihan Jolie Kerr menulis artikel yang sangat bagus tentang cara mencuci pakaian yang mencakup perawatan terbaik untuk berbagai noda pada kain.
  • Mesin cuci dan pengering yang besar: Beberapa selimut yang besar mungkin membutuhkan banyak ruang untuk siklus putaran dan pengeringan yang konsisten dan merata. Jika tidak memiliki mesin di rumah, atau jika mesin cuci di rumah berukuran kecil, ada baiknya Anda pergi ke laundry.
  • Ruangan untuk menjemur: Beberapa selimut wol tidak bisa masuk pengering. Jadi dalam pengujian, untuk membantu selimut tersebut mengering secara merata, bisa saja di jemur di atas pagar, papan setrika besar dan bahkan permukaan meja.

Berapa Lama Waktu Mencuci Selimut?

Mencuci selimut tempat tidur tidak boleh lebih dari satu siklus mesin cuci, kecuali selimutnya basah kuyup (ini berarti selimut tidak berputar secara menyeluruh, yang dapat terjadi saat mencuci selimut besar dan tebal). Jika demikian, jalankan siklus pembilasan dan pemerasan kedua, namun tanpa sabun.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan selimut tergantung pada bahan pembuatnya. Sebagian besar akan memakan waktu mulai dari satu hingga tiga jam di suhu pengeringan dengan kecil, tergantung pada seberapa besar selimutnya. Untuk beberapa selimut, seperti selimut wol, mungkin perlu mengeringkannya di ruang terbuka, yang (tergantung pada iklim) dapat memakan waktu hingga 24 jam.

Pertama, Bersihkan Kotoran Pada Selimut

Penghilang noda akan membantu mengatasi noda yang sulit dicuci sebelum mulai mencuci selimut. Tetapi sebelum menggunakan penghilang noda, pastikan penghilang noda tersebut aman untuk digunakan pada bahan selimut Anda. Penghilang noda biasanya tidak aman digunakan dengan bahan halus, seperti wol.

Sebelum memasukkan selimut ke dalam mesin cuci, semprotkan penghilang noda pada kotoran di selimut, lalu gosok kedua sisi area bernoda dengan penghilang noda. Diamkan selimut selama 5 hingga 10 menit, lalu cuci secara normal.

Untuk noda kering atau keras, Anda dapat mencoba merendam selimut selama semalaman dengan penghilang noda yang lebih kuat sebelum mencucinya.

Setelah selimut dicuci, periksa kembali sebelum memasukkannya ke dalam mesin pengering untuk melihat apakah nodanya hilang. Beberapa noda tidak akan menempel pada selimut hingga selimut dikeringkan, jadi bila menemukan noda kembali, ulangi proses di atas.

Bagaimana Cara Mencuci Selimut Katun atau Linen?

Katun dan linen cenderung sedikit menyusut saat dicuci, tetapi seratnya masih bisa bertahan lebih lama daripada wol atau sintetis seperti bulu poliester.

Fran Kozen, direktur Studi Sarjana di Fibre Science & Apparel di Cornell University, mengatakan bahwa selimut yang terbuat dari bahan katun dan linen ideal untuk orang-orang yang memiliki alergi. “Anda dapat dengan mudah mencucinya dengan air panas dan menghilangkan tungau debu.”

Mencuci dengan air panas dan siklus pengering dengan suhu tinggi akan mendisinfeksi tempat tidur, bahkan setelah seseorang sakit. Sebagian besar penyusutan terjadi selama beberapa pencucian pertama, sebelum serat mengendap. Jadi mencuci selimut katun atau linen baru dengan air dingin sebelum menggunakannya dan kemudian mengeringkannya dengan suhu rendah akan mengurangi penyusutan nantinya, pada saat Anda perlu menggunakan air panas. Lakukan ini setidaknya sekali (dan terkadang dua atau tiga kali) sebelum menggunakan selimut baru.

Untuk pembersihan rutin, cuci selimut dengan air dingin (atau, jika selimut tampak kotor, gunakan air hangat) beberapa kali dalam setahun.

Keringkan dengan suhu rendah atau sedang, sesekali lepaskan selimut untuk mendistribusikan kembali area terlipat yang mungkin menahan kelembapan.

Bagaimana Cara Mencuci dan Mengeringkan Selimut Wol?

Banyak selimut wol tertera “hanya untuk dry clean“, tetapi bisa juga dimasukkan ke dalam mesin cuci. Cuci dengan pengaturan terdingin dan paling lembut yang dimiliki mesin cuci Anda; untuk menjaga selimut wol agar tidak menyusut secara signifikan, hindari agitasi serius atau siklus putaran yang berat.

Jangan pernah memasukkan selimut wol ke dalam pengering, kecuali label pada kain secara khusus mengatakan boleh melakukannya. Alternatifnya, jemur selimut di atas permukaan terbesar yang bisa Anda temukan (seperti pagar, meja besar, atau yang lainnya), buka lipatannya sepenuhnya atau sesuaikan sesering mungkin untuk memberikan paparan udara pada semua bagian. Diperlukan waktu 24 jam, atau bahkan lebih lama, untuk mengeringkan selimut wol, tergantung ukurannya.

Bagaimana Cara Mencuci dan Mengeringkan Selimut Serat Sintetis?

Selimut sintetis, seperti bulu domba dan bulu mewah, dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci dan pengering seperti halnya katun atau linen. Namun, selimut sintetis tidak dapat menangani suhu yang tinggi, jadi cucilah dengan pengaturan dingin atau hangat.

Anda mungkin tidak akan melihat kerusakan setelah beberapa kali pencucian dengan air panas, tetapi Kozen memberi tahu bahwa dalam jangka panjang, serat sintetis tidak dapat mempertahankan bentuk, ketebalan, atau integritasnya. Bila terlalu sering mencucinya dengan air panas atau mengeringkannya dengan suhu tinggi, hal itu akan mempercepat penurunannya.

Bagusnya, selimut sintetis adalah selimut ini ringan dan tidak menahan air sebanyak serat alami, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu di pengering. Satu jam dengan suhu rendah mungkin sudah cukup.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »