logo-mipacko

Cara Membersihkan Sofa Kulit Dalam 5 Langkah Mudah

cara membersihkan sofa kulit

Membersihkan Sofa Kulit – Sofa kulit adalah pilihan tepat karena berbagai alasan – seperti keren, kuat, tahan lama… dan mungkin yang terbaik dari semuanya, sofa ini relatif mudah dibersihkan.

Untuk pembersihan mingguan secara teratur, Kamu dapat menggunakan penyedot debu atau lap dengan kain microfiber kering sudah cukup. Tetapi mungkin Kamu perlu berhati-hati bila sofa kulit berwarna putih atau krem, karena noda kecil sekalipun dapat terlihat pada warna tersebut.

Jadi, inilah beberapa langkah untuk membuat sofa kulit tampak seperti baru. Hal ini bekerja paling baik ketika Kamu memiliki noda yang perlu membandel, atau bisa dilakukan untuk pembersihan mendalam rutin setiap 3 atau 6 bulan sekali.

Apa yang diperlukan:

Mari kita mulai!

1. Vacuum atau Bersihkan Semua Kotoran

Pertama-tama, bersihkan noda dan kotoran yang terlihat secara fisik pada permukaan sofa kulit Kamu. Pembersihan ini akan menghindari kemungkinan terjadinya gesekan secara tidak sengaja ke sofa saat Kamu mengelapnya dengan sabun pembersih.

Pilihan yang baik di sini adalah menggunakan tambahan sikat lembut pada penyedot debu untuk menghindari goresan. Tetapi jika Kamu tidak memiliki penyedot debu, kain microfiber kering juga dapat digunakan. Kain microfiber juga penting untuk langkah 4 nanti !

2. Siapkan Larutan Pembersih Dengan Menggunakan Produk Rumah Tangga

Ketika memilih sabun atau pembersih yang tepat untuk sofa kulit, aturan utamanya: semakin ringan, semakin baik. Banyak opsi sabun yang dapat digunakan, dan sebagian besar adalah pembersih rumah tangga yang biasanya telah tersedia di kamar mandi atau dapur!

Sabun dengan PH-seimbang ringan (seperti Dove) adalah pilihan terbaik untuk membersihkan kulit – baik dalam bentuk sabun batang atau bentuk cairnya dengan mencampurkan beberapa tetes ke dalam air hangat. Untuk bahan alami, campuran dari cuka putih dan air dengan komposisi 50:50 bisa membantu. Bahan ini adalah penghilang noda yang efektif namun lembut untuk sebagian besar jenis pelapis dan tidak terkecuali kulit.

Terakhir, saddle soap atau sabun yang dibuat khusus untuk kulit juga bias digunakan, tetapi penggunaan sabun ini dapat berisiko menggelapkan atau mengeraskan permukaan sofa.

3. Uji Pada Bagian Kecil Dari Sofa

Opsi mana pun yang Kamu pilih, coba gunakan di bagian kecil sofa terlebih dahulu ( sebaiknya di tempat yang tidak terlalu terlihat ). Oleskan sedikit, dan biarkan mengering untuk memastikan tampilannya seperti yang Kamu inginkan dan tidak ada perubahan warna.

4. Bersihkan Sofa Dengan Kain Microfiber

Kamu membutuhkan dua kain microfiber lembut, satu untuk membersihkan sofa dan satu lagi untuk mengeringkannya. Pertama, celupkan satu kain ke dalam cairan pembersih lalu peras – kain harus dalam kondisi lembab, bukan basah kuyup. Jika Kamu menggunakan sabun batangan, basahi kain dan usap ke seluruh permukaan sabun.

Sekarang, kerjakan dari bagian atas ke bawah, gosok kain dengan lembut tapi kuat di sepanjang permukaan, lakukan dengan hati-hati sampai ke sudut-sudutnya. Bilas kain ke campuran larutan pembersih lagi saat kamu membutukannya.

Setelah selesai, gunakan kain microfiber kering lain, dan gosok perlahan sofa hingga kering. Kamu tidak perlu membilas sofa, tetapi sangat penting untuk mengeringkan sofa secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada risiko terbentuknya jamur.

Baca juga : Apa itu Microfiber?

5. Aplikasikan Kondisioner Kulit

Untuk menjaga sofa kulit dalam kondisi prima, gunakan krim atau kondisioner kulit untuk mengembalikan kelembapan dan kekenyalannya. Ini paling baik dilakukan setiap 6 hingga 12 bulan sekali. Namun, sebaiknya periksa label perawatan di pelapis sofa untuk menemukan waktu terbaiknya.

Bonus Tips Membersihkan Sofa Kulit:

Sebaiknya segera bersihkan noda seperti tumpahan air, makanan, minyak, atau tinta sesegera mungkin sebelum mengeras. Alkohol dapat digunakan dengan hati-hati untuk menghilangkan noda tinta, dan soda kue bekerja dengan baik pada noda minyak.

Terakhir, jika Kamu merasa ragu, panggil saja ahlinya! Mereka adalah spesialis dalam membersihkan dan merawat sofa kulit sehingga sofa kulit Kamu tidak akan rusak lebih banyak lagi.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »