logo-mipacko

Cara Menghilangkan Komedo yang Benar Menurut Dokter Kulit

Cara Menghilangkan Komedo

Menghilangkan Komedo – Komedo tidak diragukan lagi merupakan salah satu bentuk jerawat yang paling membuat frustrasi. Karena mereka berakar jauh di dalam pori-pori, mereka bisa sulit dihilangkan dengan cara yang aman dan efektif. Saya berbicara dengan dokter kulit NYC Dr. Hadley King dan Dr. Joshua Zeichner tentang komedo tentang cara untuk menghilangkannya, dan meminta mereka untuk memberikan rekomendasi produk terbaik untuk menghilangkannya. Komedo (dan pori-pori yang terlihat pada umumnya) adalah hal yang normal, dan tidak mungkin untuk mencegahnya sepenuhnya.

Apa itu Komedo?

Wajar untuk berasumsi bahwa munculnya komedo hitam disebabkan oleh penumpukan kotoran, tetapi itu tidak sepenuhnya terjadi. Komedo terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak, kata Dr. King. “Bila bahan ini teroksidasi oleh paparan udara, ia tampak hitam – karena itu dinamakan ‘blackhead’ atau komedo.”

Komedo biasanya terbentuk di area wajah yang menghasilkan lebih banyak minyak, seperti dahi, hidung, dan dagu (juga dikenal sebagai zona-T). Mereka juga bisa muncul di dalam mangkuk keong telinga, serta di bahu, punggung, dan dada.

Penyebab utama komedo, kata Dr. Zeichner, adalah faktor genetik. “Namun, ada beberapa faktor predisposisi eksternal yang bisa dikendalikan,” tambahnya. “Kami tahu bahwa stres dan pola makan dapat menyebabkan jerawat. Susu skim dan makanan dengan kandungan gula tinggi meningkatkan peradangan dan produksi minyak, seperti halnya stres.”

Cara menghilangkan komedo

Kabar baiknya, ada cara aman untuk menghilangkan komedo di rumah — tetapi itu harus dilakukan dengan benar untuk menghindari iritasi, jaringan parut, atau bahkan infeksi.

Memencet komedo dengan jari Anda mungkin salah satu cara yang lebih memuaskan untuk menghilangkannya, tetapi Dr. King memperingatkan bahwa itu bukan ide yang baik. “Memencet komedo bisa membuat kulit trauma, memasukkan bakteri dan merusak pori-pori, yang bisa menyebarkan kotoran dan bakteri lebih dalam ke jaringan,” katanya.

Dr. King merekomendasikan untuk mencoba teknik menghilangkan komedo setelah mandi air hangat atau mengukus kulit. Ini membantu melembutkan kulit dan bahan yang terkumpul di pori-pori. Penting juga untuk membersihkan area tersebut dengan lembut sebelum dan sesudah ekstraksi.

Menghilangkan Komedo Secara Manual

Alat pengekstrak komedo adalah salah satu cara untuk menghilangkan komedo dengan aman. Lingkaran kecil di ujung batang logam dengan lembut menarik kulit di sekitar komedo, membawa isinya ke permukaan. Dr. King merekomendasikan ekstraktor yang mudah digunakan ini dari Tweezerman.

“Tidak seperti meremas, ekstraktor komedo tidak menekan sisi pori-pori, sehingga risiko pecahnya dinding pori lebih kecil,” kata Dr King. “Namun, kerusakan jaringan mungkin masih terjadi, jadi sangat penting untuk berhati-hati jika Anda mencobanya di rumah.” Berikan tekanan ringan, dan jika tidak ada yang muncul, jangan terus mencoba (tidak peduli seberapa menggodanya).

Strip pore adalah metode klasik untuk menghilangkan komedo; penghapusannya yang menggiurkan memunculkan kenangan akan perawatan “spa” dan montase makeover rom-com. Sedikit dari kita mengetahui bahwa strip pore TIDAK seharusnya terasa seolah-olah merobek lapisan kulit. “Penting untuk tidak membiarkan strip pore terlalu lama,” Dr. King memperingatkan. “Jika strip pore telah benar-benar kering, kemungkinan besar akan menimbulkan trauma dan merobek kulit saat terkelupas.”

Dia juga mencatat bahwa strip pore hanya sementara menghilangkan lapisan atas sel kulit mati dan komedo — mereka tidak berguna untuk melakukan pencegahan. Namun, ini bisa menjadi solusi yang baik dan efisien waktu saat Anda dalam keadaan darurat. Dr. King merekomendasikan Biore Deep Cleansing Pore Strips, juga Boscia Pore Purifying Black Charcoal Strips dan Peace Out Pore Treatment Strips.

Lulur dan Retinoid

Untuk pembersihan yang lebih dalam dengan hasil yang tahan lama, Dr. King dan Dr. Zeichner merekomendasikan asam salisilat dan retinoid topikal. “Asam salisilat adalah bahan pembersih pori yang sangat baik karena dapat mengelupas permukaan kulit dan menembus pori-pori untuk menghilangkan minyak,” kata Dr. King. “Ini membantu mencegah pori-pori tersumbat dan dapat membantu menghilangkan penyumbatan yang sudah terbentuk.”

Asam beta hidroksi (atau BHA) seperti asam salisilat efektif membersihkan pori-pori karena mereka melarutkan ikatan yang menahan sel-sel kulit mati yang kusam di permukaan, memperlihatkan kulit yang lebih halus dan lebih cerah. BHA juga larut dalam minyak, menjadikannya pilihan yang bagus bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat.

Dr. King sangat merekomendasikan lulur Penghilang Komedo dari AcneFree dengan Perawatan Jerawat Asam Salisilat 2%. Produk ini berfungsi ganda, dengan asam salisilat menembus pori-pori dan arang menyerap sebum berlebih (alias, benjolan berminyak yang dapat muncul di permukaan kulit). Ia juga memiliki tekstur berpasir, yang dapat digunakan sebagai pengelupasan kulit secara fisik yang lembut, serta minyak jojoba untuk pelembab. “Ini adalah pilihan pembersih yang ideal jika Anda memiliki kulit berminyak dan pori-pori tersumbat dengan komedo putih dan komedo hitam, tanpa banyak jerawat yang meradang,” tambah Dr. King.

Jika Anda memiliki kulit yang lebih kering, Dr. Zeichner merekomendasikan Transparent Daily Exfoliating Cleanser dari Ghost Democracy. Produk ini mengandung asam glikolat dan asam mandelat untuk pengelupasan lembut sekaligus membantu menghilangkan minyak berlebih.

Retinoid topikal adalah cara lain yang bagus untuk menghilangkan komedo. Retinoid adalah kelas senyawa yang berasal dari vitamin A, dan digunakan untuk berbagai masalah kulit seperti mengurangi garis halus dan kerutan, serta mengobati jerawat. Ada beberapa pilihan resep, tetapi untuk resep bebas, Dr. King merekomendasikan Adapalene Gel dari AcneFree. “Retinoid topikal memiliki efek komedolitik, yang berarti membantu mencegah dan mengobati pori-pori yang tersumbat,” jelas Dr. King. “Ini karena mereka meningkatkan pergantian sel kulit dan mengurangi kecenderungan sel dan puing-puing keratin untuk menggumpal dan menyumbat pori-pori.”

Jika Anda baru memulai dengan retinoid, disarankan untuk menggunakan produk ini setiap malam, lalu tingkatkan setiap malam sesuai toleransi.

Terlepas dari apakah teknik ini berhasil untuk Anda atau tidak, penting untuk diingat bahwa komedo benar-benar normal dan tidak dapat sepenuhnya dicegah. “Beberapa akan muncul,” kata Dr. King. “Itu tidak berarti bahwa Anda kotor atau tidak mencuci muka dengan benar.”

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »