logo-mipacko

Cara Mudah Merawat Dan Membersihkan Bean Bag

Merawat dan Membersihkan Bean Bag

Kamu harus berhati-hati dalam membersihkan dan merawat bean bag milikmu. Dikarenakan pembuatannya dilakukan dengan tangan dan menggunakan berbagai macam kain dan warna yang berbeda, bean bag membutuhkan tingkat pembersihan dan perawatan yang berbeda – serta teknik yang digunakan harus sesuai dengan bahannya.

Panduan perawatan dan kebersihan bean bag ini menjelaskan beberapa tips umum tentang cara membersihkan bean bag, serta saran khusus untuk membersihkan berbagai jenis kain. Kamu juga akan menemukan banyak informasi berguna tentang perbaikan bean bag dan menjaga bean bag dalam kondisi yang baik.

Cara Membersihkan Bean Bag

Biasanya, sebaiknya kamu selalu membersihkan permukaan bean bag dengan menggunakan spons basah. Teknik yang tepat yang digunakan akan tergantung pada bahan pembuat bean bag tersebut.

Kami menyarankan agar kamu membersihkan bean bag dengan tangan – jangan mencuci dengan mesin cuci atau mengeringkan dengan pengering, karena hal ini dapat merusak sarung bean bag atau membuatnya mengerut. Jangan pernah menggunakan produk pemutih untuk membersihkan bean bag karena dapat mengubah warnanya.

Membersihkan Berbagai Jenis Kain Bean Bag

Beberapa jenis kain lebih tahan lama daripada yang lainnya. Jenis pembersihan yang dibutuhkan bean bag akan sangat bergantung pada bahan dan warnanya. Di sini, kami telah memberikan beberapa tips untuk membersihkan berbagai jenis kain bean bag, mulai dari bahan yang mudah dibersihkan seperti katun hingga suede dan kulit.

– Membersihkan Bahan Katun dan Bahan yang Lebih Tahan Lama

Beberapa jenis kain lebih tahan lama daripada yang lainnya. Jenis pembersihan yang dibutuhkan bean bag akan sangat bergantung pada bahan dan warnanya. Di sini, kami telah memberikan beberapa tips untuk membersihkan berbagai jenis kain bean bag, mulai dari bahan yang mudah dibersihkan seperti katun hingga suede dan kulit.

– Cara Membersihkan Bean Bag Kulit

Bean bag kulit asli dan kulit imitasi harus dibersihkan sesering mungkin untuk mencegah menumpuknya kotoran. Untuk produk-produk ini, cobalah memulai dengan kain lembap atau tisu basah, lalu lanjutkan dengan menggunakan air sabun hangat jika terdapat noda yang sulit dihilangkan.

– Membersihkan Bean Bag Berbahan Suede

Bean bag berbahan suede paling cocok dengan teknik penyikatan lembut, menggunakan penghapus suede dan sikat suede metalik, sebelum membersihkan noda yang membandel dengan kain terry yang sedikit basah. Gunakan gerakan mengusap dengan lembut daripada digosok. Terakhir, biarkan suede mengering sepenuhnya sehingga kamu dapat mengetahui apakah bahan tersebut perlu dibersihkan kembali.

– Membersihkan Kain Halus Seperti Chenille dan Beludru

Kain mewah seperti chenille dan beludru dapat membuat bean bag menjadi sangat nyaman, tetapi juga membutuhkan penanganan yang lebih teliti dalam membersihkannya.

Sebaiknya mulai dengan menggunakan kain lembap dengan sedikit air. Pastikan kain lembap (tetapi tidak basah kuyup), bersihkan area tersebut dengan gerakan mengusap atau mengelap secara perlahan untuk mengangkat kotoran. Tunggu hingga kain benar-benar kering untuk mengetahui apakah langkah ini bekerja efektif.

Jika bean bag yang terbuat dari bahan yang halus sulit dibersihkan dengan air, tambahkan dua tetes cairan pembersih ke dalam air dan tepuk-tepuk area tersebut dengan lembut sebelum membiarkannya mengering. Hindari menggunakan gerakan kuat yang dapat merenggangkan atau merusak kain.

Baca juga : Cara Bersihkan Kaca Jendela Hingga Berkilau

Menghilangkan Noda Minuman Berwarna dari Bean Bag

Meskipun noda minuman berwarna mungkin menjadi masalah, jangan gunakan pemutih karena hanya akan memperburuk keadaan. Pemutih dapat mengubah warna bean bag dan, dalam banyak kasus, akan membuatnya terlihat jauh lebih buruk dari sebelumnya. Khususnya untuk noda minuman berwarna.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan minuman berwarna pada bean bag:

  • Begitu melihat ada noda minuman berwarna di bean bag, usaplah bagian tersebut dengan kain microfiber kering secara perlahan untuk mengangkat noda sebanyak mungkin sebelum meresap ke dalam bahan.
  • Selanjutnya, bersihkan noda dengan kain microfiber yang sedikit basah menggunakan air biasa.
  • Jika noda masih ada, campurkan dua tetes cairan pembersih dan gunakan larutan ini untuk mengoleskan pada area yang terkena noda.
  • Untuk noda minuman berwarna yang cukup serius, gunakan juga produk pembersih jok atau karpet khusus (tapi pastikan tidak mengandung pemutih).

Bean bag akan mirip dengan karpet: beberapa noda bisa langsung hilang jika diatasi saat itu juga, sementara noda yang lain mungkin tidak akan hilang sama sekali. Sebaiknya coba selesaikan situasi saat itu juga daripada menundanya sampai nanti.

Tips Mempertahankan Bentuk Bean Bag

Salah satu bagian terpenting dalam merawat bean bag adalah menjaganya agar tetap baik dan tetap nyaman. Kiat-kiat berikut ini akan membantu:

  • Meskipun menggoda, jangan gunakan bean bag sebagai senjata dalam perang bantal! Tidak hanya itu tidak adil bagi pengguna bantal, tetapi juga bisa merusak dan menghancurkannya jika pertarungan berlangsung terlalu lama!
  • Demikian pula, jika kalian (atau anak-anak kalian) sedang berlatih untuk karir gulat profesional, bean bag bukanlah objek terbaik untuk berlatih mendarat. Seringkali, anak-anak senang melompati benda-benda baru di rumahnya, tapi kami sarankan agar tidak melakukannya karena bisa berubah bentuk dan rusak.
  • Hati-hati dengan kunci, pena dan pisau. Benda-benda ini adalah penyebab umum kerusakan pada bean bag di rumah.
  • Menjauhkan debu adalah bagian penting dari perawatan bean bag. Berikan bean bag goyangan cepat atau lap lembut sesekali, atau menutupnya saat tidak digunakan. Keringat dapat merusak kain, jadi cobalah untuk tetap mengenakan pakaian jika bersantai di taman.
  • Jangan menyetrika bean bag. Beberapa orang ingin menghilangkan kusut pada setiap lipatan bean bag miliknya, hal ini tidak disarankan karena setrika panas dapat merusaknya. Bean bag dirancang untuk diduduki, bukan dipakai.
  • Jangan letakkan bean bag di kolam renang. Sungguh, jangan lupa untuk selalu menekankan hal ini – bean bag bukanlah alat pengapung dan menggunakannya untuk berenang hampir pasti akan merusaknya.

Cara Memperbaiki Bean Bag

Meskipun kita sudah berusaha sebaik mungkin, terkadang kecelakaan bisa saja terjadi. Namun jangan khawatir, kami telah menyiapkan panduan khusus untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Langkah pertama untuk memperbaiki bean bag adalah dengan mengidentifikasi masalahnya – apakah ada robekan pada lapisan luar atau apakah kantong bagian dalam terbelah?

Cara Memperbaiki Lapisan Luar Bean Bag

Untuk memperbaiki lubang pada lapisan luar, ikuti petunjuk berikut dengan saksama:

  1. Temukan Lokasi lubangnya

Temukan lubang tersebut dan, begitu menemukannya, catatlah dengan cepat di mana letak lubang tersebut.

  1. Bersihkan area di sekelilingnya

Sebelum memperbaiki lubang itu sendiri, sebaiknya bersihkan area di sekitarnya untuk mempermudah langkah selanjutnya. Metode pembersihan yang digunakan akan tergantung pada jenis bahannya, jadi ikuti petunjuk pembersihan khusus bahan di atas dan biarkan bean bag kering sebelum melakukan langkah selanjutnya. Untuk produk poliester seperti produk indoor/outdoor, selesaikan dengan mengoleskan sedikit alkohol dengan kain katun.

  1. Terapkan tambalan untuk memperbaiki bean bag

Panduan cara memasang tambalan akan bervariasi tergantung pada jenis perlengkapan tambalan perbaikan bean bag yang digunakan – perlu dicatat bahwa sebaiknya hindari perlengkapan yang harus disetrika jika memungkinkan. Ikuti petunjuk pada kemasan dengan seksama untuk menempelkan tambalan pada bean bag.

Jika ternyata proses menambal tidak berhasil atau tambalannya lepas tak lama setelah itu, pilihan termudah adalah membeli sarung bean bag pengganti. Temukan bahan yang tersedia untuk memulihkan kondisi bean bag seperti sedia kala atau pilihlah sarung baru dengan ukuran yang sama untuk tampilan baru.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tas Bagian Dalam Sobek

Jika wadah pengisi bagian dalam telah robek, kami sarankan untuk tidak mencoba memperbaiki bean bag. Belilah tas isi ulang baru, karena itu adalah cara termurah dan paling efektif untuk mengembalikan bean bag ke kondisi semula yang empuk dan nyaman. Lihat panduan tentang cara mengisi bean bag untuk informasi lebih lanjut.

Dapatkah Bean Bag Dibiarkan Kehujanan?

Secara umum, tidak ada masalah besar untuk membiarkan bean bag kehujanan.

Jika hujan relative ringan, jangan khawatir; biarkan saja bean bag mengering secara alami di bawah sinar matahari.

Namun, bila hujan lebat, disarankan untuk membawanya ke dalam, menutupinya, atau menyimpannya jauh dari hujan.

Apakah Cahaya Matahari Akan Berdampak Pada Bean Bag?

Bean bag indoor/outdoor secara umum dirancang untuk digunakan sebagai kursi santai di taman. Untuk alasan ini, biasanya bean bag telah didesain agar tetap terlindungi dari sinar matahari dengan bahan tahan UV yang diformulasikan secara khusus.

Namun, apabila memiliki bean bag berwarna lebih gelap, pastikan bean bag dapat menyerap panas. Jika terlalu panas untuk diduduki, cukup taruh handuk atau selimut di atasnya dan siap digunakan.

Cara Membuka Ritsleting Bean Bag

Ritsleting bean bag biasanya dirancang agar sulit dibuka.

Dengan mekanisme ritsleting anti rusak tersebut, diharapkan isian tetap berada di dalam dan tidak tercecer di lantai. Ritsleting ini tersembunyi dari jangkauan anak-anak, namun dapat dibuka jika diperlukan.

Untuk membuka ritsletingnya, kamu harus menarik mekanisme ritsleting untuk mengakses isinya; gunakan penjepit kertas untuk membantu membukanya. Berhati-hatilah untuk tidak memasukkan apapun ke dalam ritsleting karena dapat merusaknya.

Penutup

Panduan merawat dan membersihkan bean bag ini menjelaskan tips-tips penting untuk menjaga agar bean bag kamu tetap bersih dan dalam kondisi yang baik. Selamat Mencuci ~~

Baca juga : Cara Mencuci Topi Agar Tidak Berubah Bentuk

Picture of Mipacko Microfiber
Mipacko adalah spesialis produsen microfiber pertama di Indonesia yang memproduksi produk microfiber berkualitas tinggi untuk berbagai kebutuhan kebersihan sehari-hari. Kami memproduksi produk yang mudah digunakan dan ergonomis yang dapat memberikan hasil sempurna tanpa menggunakan bahan kimia.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

@mipacko

Artikel Terakhir