logo-mipacko

Langkah-Langkah Membersihkan Blender

langkah membersihkan blender

Jika Kamu hobi membuat smoothie atau jus, kamu pasti akan sering memakai blender. Tapi seberapa sering kamu membersihkan blender tersebut? Jika jawaban Kamu “jarang”, Kamu sepertinya tidak sendirian.

Membersihkan blender sedikit lebih rumit daripada membersihkan piring, gelas ataupun panci. Padahal membersihkan dengan baik dan menyeluruh penting untuk merawat blender kamu tersebut guna untuk mencegah pertumbuhan bakteri dari sisa makanan yang tersangkut di sudut atau celah di bagian bawah tabung blender.

Perlengkapan yang Dibutuhkan

Berikut adalah beberapa perlengkapan untuk membersihkan blender kamu :

  • Sabun cuci piring
  • Spons atau lap microfiber
  • Soda kue (opsional)

Langkah demi Langkah Membersihkan Blender

Agar blender Kamu benar-benar bersih, Kamu harus membongkar rakitan tabung dan membersihkan tabung, bilah pisau, dan alasnya. Cairan dari dalam tabung blender bisa saja turun ke celah-celah dan mengering, menempel di dasar ke stoples, dan mungkin akan menimbulkan bakteri.

Berikut beberapa Langkah dalam membersihkan blender:

1. Pisahkan Setiap Bagian Blender

Langkah pertama adalah memisahkan setiap bagian blender. Cabut unit blender dari listrik, lepaskan rakitan tabung dari dasar mesinnya, lepaskan tutup tabung, buka dasar tabung (hati-hati terhadap pisaunya), lepaskan segel paking dan bilahnya.

2. Cuci Tabung Blender

Bersihkan tabung dengan air sabun hangat dan lap microfiber atau spons. Setelah bersih, kemudian bilas hingga sabun tidak tersisa dengan air bersih, lalu keringkan dengan hati-hati.

Tabung blender juga bisa dibersihkan menggunakan mesin pencuci piring, namun lebih disarankan mencucinya menggunakan tangan untuk meminimalisir kemungkinan timbulnya goresan.

3. Cuci Bagian Lainnya

Cuci segel paking, pisau pemotong, dan alas tabung (atau cincin pengunci) dengan tangan. Gunakan air sabun hangat. Berhati-hatilah terhadap ujung pisau yang tajam. Bilas bagian secara menyeluruh, lalu keringkan.

4. Nyalakan Blender Untuk Membersihkan Kotoran Membandel

Jika blender Kamu sudah lama tidak dibersihkan, mungkin akan ada noda-noda yang menempel dan sulit dibersihkan. Untuk membuatnya lebih mudah, campurkan soda kue dan air dengan perbandingan 1 banding 1. Jalankan blender yang sudah terpasang dan biarkan beberapa saat.

Setelah dirasa cukup, matikan dan buang air nya. Kemudian kamu tinggal membongkar blender dan mengikuti langkah-langkah sebelumnya untuk membersihkan setiap komponen blender.

5. Bersihkan Bagian Mesinnya

Selalu cabut blender dari listrik sebelum membersihkan dasar mesinnya. Jangan pernah menenggelamkan bagian mesin ini ke dalam air ya.

Yang perlu kamu lakukan hanya menyeka dasar mesin dengan kain microfiber yang sedikit basah saja. Ingatlah untuk membersihkannya secara berkala dan memeriksanya dari kerusakan.

6. Pasang Kembali Blender dan Simpan

Setelah membersihkan setiap bagian blender, pasangkan kembali setiap bagiannya dengan benar ya.

Jika Kamu cukup sering menggunakan blender, kamu bisa simpan di atas meja atau di tempat lain yang mudah dijangkau. Jika kamu jarang menggunakannya, cukup simpan di dalam lemari agar terhindar dari debu.

Tips Menjaga Blender Tetap Bersih dan Segar

  • Selain cara umum tersebut, periksalah petunjuk pembersihan di buku manual blender kamu untuk mengetahui petunjuk khususnya.
  • Beberapa produk blender memiliki dua bagian pada tutupnya. Karena itulan, kamu harus melihat petunjuk manual dari merk blender kamu. Biasanya, kamu cukup membuka kedua bagian blender tersebut dan cuci secara terpisah. Hal ini untuk menghilangkan noda-noda yang menempel pada celah tutupnya.
  • Bagian tabung blender yang terbuat dari kaca atau plastik dapat tergores bisa mencuci menggunakan mesin cuci piring otomatis. Pastikan kamu mencucinya menggunakan tangan dengan alat berupa spons halus atau lap microfiber agar terhindar dari goresan.
  • Beberapa jenis makanan atau rempah yang memiliki bau menyengat akan meninggalkan aroma yang bertahan lama di dalam tabung blender. Kamu bisa menggunakan soda kue dan air dengan perbandingan 1:1 ke dalam blender. Lalu nyalakan blender sekitar 5-10 menit sebelum dicuci.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

One thought on “Langkah-Langkah Membersihkan Blender

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »