logo-mipacko

Cara Membersihkan Mesin Cuci Agar Seperti Baru

membersihkan mesin cuci

Membersihkan Mesin Cuci – Seiring waktu, dengan seringnya pemakaian, mesin cuci akan menjadi kotor pada bagian luar dan dalamnya. Pada saat itulah mesin cuci perlu diberi penyegaran dengan cara kamu bersihkan. Membersihkan mesin cuci penting untuk dilakukan untuk mencegah timbulnya jamur, bau tidak sedap, dan penumpukan kotoran.

Membersihkan mesin cuci dapat dilakukan sekitar 6 bulan sekali agar mesin cuci tetap segar dan bersih. Berikut beberapa tips untuk membersihkan mesin cuci.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan Dengan Cuka & Soda Kue

1. Persiapkan Perlengkapan Kebersihan

Kamu akan membutuhkan:

2. Semprot Tabung Mesin Cuci Dengan Cuka Putih

Campurkan cuka putih dan air ke botol semprot dan semprotkan cairan tersebut ke bagian dalam tabung mesin cuci. Tunggulah beberapa saat kemudian bersihkan dengan menggunakan lap microfiber. Bersihkan semuanya hingga seluruh permukaanya bersih. (Cuka putih adalah salah satu produk pembersih terbaik dari alam. Cuka dapat menghilangkan residu, kotoran, noda air keras, dan bahkan minyak dengan mudah.)

3. Bersihkan Di Sekitar Gasket Karet

Selanjutnya, gasket karet (segel di sekitar pintu) membutuhkan perhatian juga. Saat kamu membersihkannya, kamu mungkin akan menemukan kotoran, jamur, dan bahkan rambut. Bersihkan semuanya ya!

4. Tuang Cuka Putih Ke Dispenser Deterjen dan Jalankan Mesin Cuci Dengan Air Panas

Tambahkan sekitar dua cangkir cuka putih dan tuangkan langsung ke dispenser deterjen mesin cuci. Atur mesin cuci untuk bekerja pada siklus terpanjangnya dengan air terpanas.

5. Tambahkan Baking Soda Ke Tabung dan Jalankan Mesin Cuci Kembali

Taburkan setengah cangkir soda kue langsung ke dalam tabung mesin cuci dan jalankan pada pengaturan yang sama (tertinggi dan terpanas).

6. Bersihkan Pintu dan Bagian Depan Mesin Cuci

Semprotkan cuka ke kain microfiber dan bersihkan bagian luar dan dalam pintu sampai mengkilap. Lakukan hal tersebut untuk seluruh bagian depan mesin.

7. Biarkan Pintu Terbuka dan Biarkan Mesin Cuci Kering

Jauhkan jamur dan lumut dengan membiarkan pintu terbuka dan biarkan mesin mengering (atau bersihkan dengan kain microfiber kering).

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas Dengan Cuka & Soda Kue

1. Tambahkan Cuka ke Mesin Cuci dan Mulai Siklus

Atur mesin cuci Kamu untuk bekerja pada pengaturan tertinggi dan terpanas. Tambahkan empat cangkir cuka putih, dan nyalakan. Namun, setelah tabung terisi penuh dengan air dan baru akan memulai putaran, hentikan mesin cuci dan biarkan air dan cuka selama satu jam.

2. Lap Tutup dan Bagian Luar Mesin Cuci

Sambil menunggu, kamu bisa membersihkan bagian luar mesin cuci. Semprotkan cuka ke kain microfiber, kemudian lap di sepanjang bagian atas dan bawah pinttu, samping, dan bagian depan mesin cuci.

3. Perhatikan Dispenser Deterjen dan Pelembut

Dispenser deterjen dan pelembut pada mesin cuci membutuhkan perhatian ekstra. Sikat gigi akan berguna untuk menggosok lubangnya dan membuatnya tetap segar dan bersih.

4. Jalankan Mesin Cuci Dengan Baking Soda

Setelah siklus pertama berakhir, tuangkan secangkir soda kue dan hidupkan kembali mesin cuci kamu dengan siklus baru (masih pada setelan terpanas/tertinggi).

5. Biarkan Tutupnya Terbuka dan Biarkan Mengering

Seperti halnya mesin cuci bukaan depan, Biarkan tutup mesin cuci bukaan atas kamu terbuka agar dapat mengering. Kamu bisa mengelapnya menggunakan kain microfiber kering atau menunggunya mongering secara alami.

Itulah beberapa cara sederhana untuk membersihkan mesin cuci, mudah bukan?

Agar mesin cuci selalu terjaga kebersihannya, usahakan lakukan pembersihan ini setiap 1 bulan sekali atau maksimal 6 bulan sekali.

Jangan lupa, pastikan kamu selalu mencuci tangan setelah membersihkan semua peralatan rumah tangga, termasuk mesin cuci.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »