logo-mipacko

3 Metode Sederhana untuk Membersihkan Mousepad

cara membersihkan mousepad

Membersihkan Mousepad – Mousepad merupakan komponen yang diremehkan hampir oleh seluruh pengguna komputer. Mousepad memang tidak akan membuat komputer berjalan lebih cepat dan mousepad juga tidak dapat menggunakannya untuk memasukkan instruksi agar komputer dapat dijalankan. Namun, mousepad digunakan hampir sama seperti yang dilakukan keyboard dan mouse.

Dan, seperti halnya komponen dan periferal lain pada komputer yang harus dibersihkan, ada baiknya kamu juga untuk membersihkan mousepad secara berkala.

Dalam panduan ini, kita akan membahas beberapa metode yang dapat digunakan untuk membersihkan mousepad, mulai dari metode yang sederhana dan cepat, hingga mencucinya di wastafel atau mesin cuci.

*CATATAN: Metode kedua dan ketiga yang diuraikan dalam panduan ini hanya ditujukan untuk mousepad berbahan dasar kain.

1. Metode Sangat Cepat: Gunakan Lap Microfiber

Aku pernah memiliki mousepad yang sama selama beberapa tahun dan suatu hari aku sadar kalau mousepadku tersebut sudah sangat kotor dan harus dibersihkan.

Mungkin sebagian orang cukup beruntung tidak pernah menumpahkan apa pun di mousepad miliknya, tapi Sebagian orang yang lain mungkin tidak.

Dan mungkin aku termasuk dalam orang beruntung tersebut, selain itu aku juga secara teratur menyekanya mousepad dengan lap microfiber sehingga tidak ada kotoran yang terlalu signifikan dan menumpuk seiring waktu.

Dan benar saja, jika kamu hanya ingin menghilangkan debu, ketombe, rambut, partikel makanan kecil, dan lainnya, yang perlu kamu lakukan hanyalah membersihkan mousepad dengan lap microfiber saja.

Lap microfiber tersebut dapat dibasahi dulu sedikit agar menjadi lembab, sehingga selain dapat mengangkat kotoran, mousepad kamu juga bisa menjadi lebih segar karena terkena air.

Melakukan metode pembersihan cepat ini secara teratur akan mengurangi kebutuhan untuk membersihkannya dengan metode berat.

Namun, jika kamu secara sengaja ataupun tidak sengaja menumpahkan sesuatu ke atas mousepad atau terdapat banyak noda, atau kotoran di atasnya, kamu sebaiknya membersihkan mousepad secara dengan metode lainnya.

2. Cuci Mousepad Kamu di Wastafel

Jika kamu menumpahkan makanan atau minuman di atas mousepad, atau mungkin mousepad kamu sudah terlalu tidak dibersihkan dan terlihat sangat kotor, kamu cukup melakukan hal berikut:

  • Pertama, mulailah mengisi wastafel dengan air hangat,
  • Tuang sedikit sabun cuci piring ke dalam wastafel,
  • Masukkan mousepad ke dalam air sabun tersebut,
  • Diamkan sebentar untuk melonggarkan kotoran yang menempel pada mousepad,
  • Dengan menggunakan sikat atau spons, usap perlahan mousepad kamu di dalam air,
  • Buang air pada wastafel dan bilas mousepad dengan air bersih,
  • Biarkan mousepad mengering semalaman atau kamu bisa menggunakan pengering rambut untuk mempercepat proses pengeringan.

Cara ini sederhana, efektif, dan waktu pengeringannya tidak terlalu lama. Namun jika kamu butuh metode pembersihan lain yang lebih berat, cobalah metode berikutnya ya…

3. Membersihkan Mousepad Menggunakan Mesin Cuci

Jika membersihkan mousepad di wastafel dengan sedikit sabun cuci piring tidak menghilangkan semua noda, kamu bisa mencoba menggunakan mesin cuci. Metodenya mudah…

  • Masukkan mousepad ke dalam mesin cuci,
  • Masukkan sedikit deterjen/sabun cuci,
  • Ubah pengaturan mesin cuci ke siklus yang lebih ringan dan pastikan tidak menggunakan air panas,
  • Biarkan mesin cuci melakukan tugasnya,
  • Keluarkan mousepad dan keringkan semalaman atau kamu bisa gunakan pengering rambut untuk mempercepat proses pengeringannya.

Meskipun sebagian besar mousepad ramah mesin cuci, kamu mungkin harus menempatkan cara ini sebagai metode terakhir saja. Membersihkan mousepad dengan menggunakan mesin cuci merupakan proses yang sedikit lebih kasar, dan jika terjadi kesalahan, metode ini akan merusak mousepad kamu.

Tapi, selama tidak menggunakan air panas dan menggunakan siklus yang ringan, kemungkinan hasilnya akan baik-baik saja dan mousepad kamu menjadi lebih bersih.

Juga, dalam hal ini, penting untuk dicatat bahwa kamu jangan menggunakan mesin pengering untuk mempercepat proses pengeringan mousepad. Bila kamu ingin sekali melakukannya, pastikan kamu sudah mengubah pengaturan panasnya ke yang paling rendah.

Panas berlebihan dari mesin pengering pakaian dapat melelehkan karet pada mousepad atau dapat menyebabkan lem yang menahan karet dan kain pada mousepad menjadi pecah.

Bagaimana Cara Kamu Membersihkan Mousepad?

Membersihkan mousepad adalah proses yang cukup sederhana dan mudah. Kamu cukup menyekanya dengan lap microfiber jika tidak terlalu kotor, atau kamu bisa mencucinya di dalam wastafel atau mesin cuci dengan sabun jika perlu dibersihkan dengan metode yang lebih berat.

Sebagian besar, ketiga metode tersebut akan membantu membuat mousepad kamu lebih bersih dan segar kembali.

Bagaimana dengan kamu? Bagaimana cara kamu membersihkan mousepad?

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »