logo-mipacko

Cara Membersihkan Mesin Mobil Secara Effective

Membersihkan mesin mobil

Membersihkan Mesin Mobil – Mobil yang dirawat dengan baik terlihat luar biasa saat digunakan, dan mobil akan melaju lebih baik. Namun, seringnya digunakan berarti mobil akan sering juga terkena serpihan kerikil, kotoran, residu berminyak, oli, dan debu. Kotoran yang tidak diinginkan ini juga dapat menumpuk di bawah kap mobil.

Bagi pemilik mobil, untuk menikmati keindahan mobil yang bersih sangat penting untuk memperhatikan kebersihan interior, eksterior, dan bagian bawah kap mesinnya.

Mesin adalah jantung dari sebuah mobil. Menjaganya tetap bersih berarti memberi mobil kekuatan untuk bekerja dengan lancar.

Kenapa Harus Membersihkan Mesin Mobil?

Biasanya, orang yang tinggal di daerah perkotaan dengan jalan beraspal dan mengalami sedikit atau tanpa serpihan kotoran harus membersihkan mesin mereka dua kali setahun.

Namun, mereka yang tinggal di pedesaan atau sering berkendara di luar jalan raya — di mana mereka menemukan banyak debu, kotoran, dan lumpur — harus membersihkan mesin mereka setiap tiga bulan. Hal yang sama berlaku bagi mereka yang tinggal di daerah yang sering mengalami hujan lebat.

Membersihkan mesin mobil memiliki banyak manfaat, tetapi penting untuk dilakukan dengan aman untuk menghindari kesalahan yang dapat menyebabkan malfungsi.

Misalnya, sensor dan kabel mesin tidak boleh terkena air. Bagian tersebut dapat menyebabkan korsleting, yang dapat menyebabkan kerusakan mesin dan sangat mahal untuk diperbaiki.

Manfaat Membersihkan Mesin Mobil

  • Mencegah bahan yang mudah terbakar, seperti minyak atau daun, menumpuk dan menjadi potensi kebakaran.
  • Menghilangkan kotoran dan garam, sehingga mengurangi korosi.
  • Memudahkan untuk menemukan potensi bahaya, seperti kebocoran cairan atau retakan, sebelum menjadi masalah. Artinya memiliki mesin yang bersih dapat membuat mobil lebih aman dan melindungi pengemudi dari kerusakan dan kecelakaan.
  • Mesin yang bersih meningkatkan tampilan mobil, sehingga meningkatkan nilai jualnya.
  • Lapisan kotoran pada mesin membuatnya bekerja lebih keras, sehingga menggunakan bahan bakar yang berlebihan. Tetapi mesin mobil yang bersih dapat mengurangi bahan bakar dan meningkatkan kinerja mobil, sehingga menghemat uang.

Bagaimana cara membersihkan mesin mobil?

1. Jadwalkan.

Idealnya, pilihlah hari yang hangat. Cuaca yang lebih hangat, yang kelembapannya rendah, akan membantu mesin mobil lebih cepat kering.

2. Siapkan Perlengkapan Kebersihan.

Untuk membersihkan mesin mobil secara efektif, Anda memerlukan beberapa peralatan dan produk, termasuk;

  • Kuas gosok non-logam
  • Pembersih sederhana dan serbaguna
  • Kompresor udara atau lap microfiber bersih
  • Selotip dan kantong plastik
  • Sumber air, lebih baik menggunakan mesin air bertekanan
  • Kacamata dan sarung tangan pengaman
  • Degreaser engine biodegradable
  • Kunci untuk melepaskan kabel baterai.

3. Biarkan Mobil Dingin.

Jika mobil sedang berjalan, matikan dan buka kap mesin untuk mendinginkan mesin panas selama beberapa jam sebelum membersihkannya. Bahkan, disarankan untuk membersihkan mesin di pagi hari karena mobil akan mendingin dalam semalam.

Menuangkan air dingin ke mesin yang panas dapat menyebabkan mesin melengkung dan retak yang akan mahal untuk diperbaiki. Selain itu, mesin yang panas akan langsung mengeringkan cairan pembersih, sehingga meninggalkan mesin dengan noda yang tidak diinginkan.

4. Kencangkan Dipstick dan Tutupnya.

Tutup rapat minyak rem, minyak power steering, cairan pendingin dan tutup penampung cairan lainnya. Harap tekan dipstick untuk memastikannya disegel dengan baik.

Melakukan hal ini mencegah air masuk ke dalamnya, sehingga mencegah reaksi kimia dan degradasi, yang dapat merusak mesin.

5. Lepaskan Baterai (Accu)

Pertama, lepaskan kedua terminal baterai dan, jika mungkin, lepaskan seluruh baterai agar Anda dapat membersihkan area tersebut dengan nyaman. Memutuskan sambungan terminal memastikan Anda melindunginya dari basah dan kerusakan.

6. Tutup.

Tutupi komponen listrik yang sensitif dengan menggunakan kantong plastik dan tutup rapat dengan lakban khusus listrik. Lindungi fitur seperti unit kontrol mesin, kabel pengapian, tutup distributor, busi, paket koil, alternator, dan filter lainnya.

Melindungi kompartemen ini dari basah akan memastikan Anda membersihkan mesin secara menyeluruh tanpa takut merusak apapun.

7. Degradasi.

Gosok kotoran dan debu permukaan menggunakan sikat dengan bulu sintetis, dan bersihkan. Setelah membersihkan kotoran, basahi ruang mesin menggunakan air hangat untuk membantu menghilangkan kotoran dan debu yang terjatuh. Kemudian, semprotkan degreaser ke seluruh kompartemen mesin, dan biarkan meresap selama 10 menit.

Berikan perhatian khusus, dan tambahkan lebih banyak penghilang minyak ke tutup, selang, wadah cairan, dan firewall, yang selalu memiliki penumpukan kotoran ekstra.

8. Bilas.

Bilas ruang mesin dengan menggunakan semprotan bertekanan rendah. Hindari menggunakan penyemprot bertekanan tinggi, karena dapat membocorkan air ke area yang tertutup, menyebabkan masalah. Mulai membilas dari belakang, ke depan.

9. Selesaikan.

Setelah dibilas, tunggu hingga airnya menguap, lalu bersihkan mesin menggunakan kain microfiber yang lembut. Atau, Anda dapat menggunakan kompresor untuk menyemprotkan udara ke sudut dan celah, sehingga menghilangkan air yang tersisa.

Ingat menyeka mesin tidak hanya menghilangkan air tetapi juga kotoran yang tersisa.

9. Selesaikan.

Setelah dibilas, tunggu hingga airnya menguap, lalu bersihkan mesin menggunakan kain microfiber yang lembut. Atau, Anda dapat menggunakan kompresor untuk menyemprotkan udara ke sudut dan celah, sehingga menghilangkan air yang tersisa.

Ingat menyeka mesin tidak hanya menghilangkan air tetapi juga kotoran yang tersisa.

10. Lepas Penutupnya, dan Sambungkan Kembali Baterai.

Setelah menyeka air, lepaskan plastik dan solatip dari area yang tertutup. Biarkan mesin dengan kap mesin selama sekitar satu jam atau sampai semuanya benar-benar kering.

Pasang kembali terminal baterai dan sambungkan kembali baterai.

11. Nyalakan Mobil.

Setelah mesin benar-benar kering, nyalakan mobil dan biarkan berjalan seperti biasa hingga mencapai suhu operasinya; Anda dapat mengemudikannya atau mematikannya.

Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Mesin Mobil

Jangan terlalu cepat melepas komponen mobil; Anda mungkin salah menaruhnya atau mengembalikannya pada posisi yang tidak benar. Disarankan untuk memotret bagian mana pun yang ingin dilepas agar tidak terjadi kesalahan pemasangan.

Jangan tergila-gila dengan sabun pembersih. Beberapa pembersih mesin dapat meninggalkan residu pada mesin, yang menyebabkan korosi.

Kesimpulan

Biasakan untuk membersihkan mesin mobil secara rutin dengan menggunakan langkah-langkah di atas. Dengan begitu, menjaga mesin tetap terlihat bagus dan memudahkan dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah mesin yang muncul sehingga akan terhindar dari bahaya pada saat digunakan.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terakhir

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar

Teknik dan Cara Jogging yang Benar – Jogging dan lari merupakan latihan aerobik yang memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh seperti penurunan berat badan dan penurunan tingkat tekanan darah.

Selengkapnya »