logo-mipacko

Cara Merawat dan Membersihkan Wireless Earbuds

Membersihkan WIreless Earbuds

Wireless earbuds semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, berkat kandasnya jack headphone pada smartphone. Seiring dengan kepopulerannya, harganya pun menjadi lebih terjangkau. Ada banyak wireless earbuds berkualitas yang murah di pasaran. Apabila Anda memiliki earphone atau berencana untuk membelinya dalam waktu dekat, menjaga kebersihan dan merawat baterainya untuk dapat memperpanjang masa pakainya merupakan hal yang penting. Hal ini mencegahnya berakhir di tempat pembuangan sampah, dan kamu ikut membantu mengurangi limbah elektronik.

Kami tahu kamu tidak ingin merusak earbud kesayanganmu saat membersihkannya. Jadi kami merangkum tips berikut ini untuk membantumu membersihkan dan merawat earbud dengan benar.

Sebelum Memulai Membersihkan Wireless Earbuds

Sebelum membersihkan wireless earbuds , penting untuk mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan selama proses pembersihan. Satu langkah yang salah saja sudah cukup untuk membuat earphone kamu rusak untuk selamanya. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat:

Jangan mencuci earbud di bawah air mengalir meskipun earbud tersebut kedap air atau memiliki peringkat Ingress Protection (IP). Kamu akan membuatnya rusak untuk selama-lamanya.

  • Jangan pernah membiarkan titik pengisian daya terkena cairan.
  • Lepaskan bantalan telinga dan bersihkan secara terpisah untuk hasil terbaik.
  • Jangan mencucinya di mesin cuci.
  • Jangan pernah menggunakan pengering atau mesin serupa untuk mengeringkan earbud atau bantalan telinga.
  • Hindari penggunaan alkohol untuk membersihkan earbud, ear plug, atau tempat pengisian daya.
  • Pastikan earbud benar-benar kering sebelum memasukkannya ke dalam tempat pengisian daya.

Penting untuk mengikuti tips ini. Earbud bisa jadi sensitif, jadi menggunakan metode yang salah dapat dengan mudah merusaknya. Kamu akan menjaga earbud dalam kondisi prima jika kamu menggunakan metode yang tepat.

Baca juga : Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Wireless Earbuds

Cara terbaik untuk menghilangkan semua kotoran dan debu dari wireless earbud adalah dengan membersihkannya secara menyeluruh menggunakan kain microfiber yang lembap. Kamu tidak perlu menggunakan cairan khusus atau larutan sabun untuk melembabkan kain. Air keran biasa pun bisa digunakan.

Sebelum membersihkan bantalan telinga, lepaskan bantalan tersebut dari earbud. Untuk itu, lakukan hal berikut:

  1. Pegang earbud kiri atau kanan di tangan.
  2. Balik kulit luar ujung telinga.
  3. Tarik perlahan kulit luar dari earbud untuk melepaskannya.
  4. Ulangi langkah yang sama untuk earbud lainnya.
  5. Bersihkan bantalan telinga dengan mencucinya di bawah air mengalir atau menggunakan larutan sabun. Hal ini akan menghilangkan semua debu dan kotoran dari telinga.
  6. Seka earbud dengan kain mikrofiber yang sedikit lembap. Jangan gunakan larutan pembersih atau sabun. Jangan terlalu membasahi kain mikrofiber.
  7. Biarkan bantalan telinga benar-benar kering sebelum memasangnya pada wireless earphone.

Dan Selesai! Anda bisa menggunakan penyeka kapas basah untuk membersihkan area yang membutuhkan ketelitian lebih.

Earbud yang berada jauh di dalam telinga seperti Sony WF-1000XM4 atau AirPods Pro (ya, kamu bisa menggunakan AirPods dengan ponsel Android) dapat memiliki banyak kotoran telinga yang dapat meredam dan mengurangi output suaranya.

Jadi, membersihkan bagian seperti lubang-lubang tempat keluarnya audio pada earbud sangat penting. Kain lembab atau kapas tetap menjadi pilihan terbaik di sini. Kamu bisa menggunakan tusuk gigi, tetapi hanya untuk earbud plastik yang keras.

Kamu juga bisa menggunakan semprotan udara atau air blaster yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kamera untuk membersihkan debu dan kotoran telinga di area yang sulit dijangkau. Namun, kedua alat ini tidak akan berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bantalan penutup telinga.

Untuk pembersihan yang lebih menyeluruh, belilah pulpen pembersih earbud. Biasanya harganya murah dan berisi alat yang dapat menghilangkan kotoran dan kotoran yang membandel. Termasuk sikat berbulu halus untuk membersihkan titik pengisian daya pada wadah earbud.

Peringatan

Jangan menyemprotkan udara bertekanan dari jarak yang terlalu dekat atau pada suatu sudut. Jika terdapat terlalu banyak tekanan, secara tidak langsung dapat merusak earbud.

Membersihkan wadah earbud lebih mudah daripada earbud. Anda dapat membersihkan bagian luarnya dengan menggunakan kain microfiber yang lembab. Untuk bagian dalam, tergantung pada desain wadah pengisi daya, gunakan kain microfiber atau kapas. Bersihkan dengan lembut pada titik-titik kontak, dan jangan gunakan benda logam yang tajam untuk membersihkannya.

Jika kamu tinggal di lingkungan yang berdebu atau menggunakan earphone saat berlari atau berolahraga, sebaiknya bersihkan earphone setiap beberapa minggu sekali. Idealnya, lap earbud setelah sesi olahraga untuk memastikan earbud tidak terlalu kotor.

Simpan earphone di dalam tas ransel atau saku agar tidak kotor saat bepergian. Selain itu, hindari menempatkan earphone di lingkungan yang terlalu panas atau dingin, karena itu tidak baik untuk baterai earphone. Earphone hitam selalu lebih mudah dibersihkan daripada warna putih. Jadi, jika kamu ingin membeli sepasang earbud yang biasanya dipromosikan dengan warna putih, seperti Google Pixel Buds Pro, pertimbangkan untuk membelinya dengan warna yang lebih gelap.

Cara Memperpanjang Umur Baterai Earbuds

Jika kamu memiliki sepasang earbud premium yang kamu sering gunakan, kemungkinan baterainya akan mati setelah satu atau dua tahun penggunaan. Bahkan seandainya hal itu tidak terjadi, runtime earbud akan berkurang secara signifikan. Penggantian baterai bukanlah pilihan dengan earbud modern karena baterai yang tidak dapat dilepas memungkinkan produsen untuk memasukkan begitu banyak teknologi dalam ruang yang begitu kecil. Tidak seperti smartphone, sebagian besar wireless earphone tidak memiliki fitur algoritma berbasis perangkat lunak canggih untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Jangan pernah menghabiskan baterai earbud sepenuhnya. Mengingat bagaimana baterai lithium-ion dirancang dan bekerja. Daripada menunggu sampai baterai earbud habis, isi ulang baterainya secara teratur. Selain itu, hindari membiarkannya tetap tersambung ke listrik untuk waktu yang lama setelah baterai terisi penuh karena tidak baik untuk baterai. Jadi, jangan mengisi daya earphone semalaman terus-menerus.

Jika Anda tidak sering menggunakan earbud, disarankan agar menyimpan earbud dengan daya minimal 50%. Hal ini membantu memperpanjang masa pakai baterai berbasis lithium. Demikian pula, jangan menyimpannya dalam suhu yang terlalu panas atau dingin karena akan menyebabkan hilangnya kapasitas.

Baterai lithium-ion di dalam earphone akan kehilangan kapasitasnya seiring waktu, dan waktu kerjanya akan menurun bahkan setelah kamu berusaha sebaik mungkin. Dengan mengikuti tips di atas, setidaknya kamu bisa memperpanjang masa pakainya selama beberapa bulan sebelum kamu perlu meng-upgrade-nya.

Baca juga : Cara Membersihkan Lensa Kamera dan Mencegah dari Jamur

Cara Membuang Wireless Earbuds Lama

Walaupun sudah berusaha sebaik mungkin, pada akhirnya kamu harus membuang wireless earbud kamu. Baterai di dalam earbud akan berhenti mengisi daya atau berhenti berfungsi suatu saat nanti. Apa pun masalahnya, ketika saatnya tiba, dan kamu harus membeli earbud baru, kamu harus membuang earbud yang kamu gunakan saat ini dengan cara yang benar.

Jangan membuangnya ke tempat sampah, karena earbud akan berakhir di tempat pembuangan akhir, yang akan lebih berbahaya daripada manfaatnya. Sebagai gantinya, letakkan earbud di tempat daur ulang. Atau jika earbud berfungsi dengan baik tetapi tidak dapat mengisi daya untuk waktu yang lama, sumbangkan ke LSM atau berikan kepada seseorang yang membutuhkannya.

Rawat Earbuds Agar Lebih Awet

Kamu bisa membuat earbud lebih awet dan menjaganya tetap bersih dengan mengikuti tips di atas. Jika kamu tidak puas dengan kualitas suaranya atau sedang mencari pengganti, kamu bisa memberikannya kepada teman atau keluargamu. Itu selalu lebih baik daripada membuangnya. Kemudian, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli salah satu wireless earbud terbaik di pasaran yang memberikan kualitas suara yang luar biasa dan noise cancelling.

Picture of Mipacko Microfiber
Mipacko adalah spesialis produsen microfiber pertama di Indonesia yang memproduksi produk microfiber berkualitas tinggi untuk berbagai kebutuhan kebersihan sehari-hari. Kami memproduksi produk yang mudah digunakan dan ergonomis yang dapat memberikan hasil sempurna tanpa menggunakan bahan kimia.

Share :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Follow Us :

@mipacko

Artikel Terakhir